Wujud Dukungan Pemda Majalengka untuk Smart City, Wakil Bupati tandatangani Komitmen Bersama Menuju Majalengka Smart City

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Pemerintah Daerah Kab.Majalengka melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Republik Indonesia, telah sukses menyelenggarakan Bimbingan Teknis penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City), Bimtek yang telah digelar selama 4 kali tersebut mampu menampung banyak inspirasi dan juga menghasilkan beberapa Quick Win Program Unggulan di Kab.Majalengka guna menyongsong Kab.Majalengka menuju Kota Cerdas, selain itu sebagai wujud dukungan Pemda Majalengka terkait Smart City ditunjukkan dengan penandatanganan Komitmen bersama menuju Majalengka Smart City yang ditandatangani langsung oleh Wakil Bupati dan juga Sekretaris Daerah Kab.Majalengka bersama para Kepala OPD dan juga Camat serta berbagai unsur lain didalamnya, hal itu juga menjadi penutup yang manis sebagai penanda telah berakhirnya Bimbingan Teknis tersebut, hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Majalengka, H.Gatot Sulaeman, A.P., M.Si pada saat Bimtek penyusunan Master Plan Smart City, bertempat di gedung Nyi Rambut Kasih Taman Bagja Raharja, Rabu (21/09/2022).

Dalam laporannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Majalengka, H.Gatot Sulaeman, A.P., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan bimtek hari ini merupakan rangkain terakhir dari empat kali bimbingan teknis Smart City yang telah diselenggarakan. Bimtek tersebut untuk menyusun master Plan Majalengka Smart City. Smart City tersebut merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi sehingga tidak semata-mata berbicara mengenai aplikasi akan tetapi bagaimana kita sebagai indentitas Pemerintah Majalengka bisa berkolaborasi untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi dan informasi.

Adapun tujuan Bimtek Smart City yang telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan September 2022, adalah untuk menyusun rencana induk pengembangan master Plan Smart City, menyusun draft evaluasi pencapaian implementasi rencana pengembangan Majalengka Smart City dari sisi Pemerintah sesuai sektornya, kemudian menyusun draft hasil analisis dan rekomendasi untuk pencapaian kinerja yang lebih baik diwaktu yang akan datang berupa program unggulan atau Quick Win Kab.Majalengka. Adapun peserta merupakan dewan dari Smart City, pelaksana Smart City dan sektor terkait, perwakilan pelaku usaha, komunitas serta akademisi.

“Harapannya dari kegiatan Bimtek Smart City ini semoga pada tahun-tahun berikutnya apa yang sudah menjadi Quick Win atau program unggulan serta hal lain yang telah tercantum dalam master Plan ini berikutnya akan diselaraskan dengan program pengembangunan di Kab.Majalengka pada tahun-tahun berikutnya,” Pungkas Kadiskominfo.

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana menyambut baik dan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Bimtek penyusunan Smart City di Kab.Majalengka. Smart City merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia serta komunitas setempat.

“Tujuan dari Smart City adalah untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pemanfaatan teknologi dan informasi,” Ucapnya.

Wabup menambahkan, Kab.Majalengka merupakan salah satu bagian dari gerakan 100 Smart City yang diterapkan oleh Pemerintah melalui Kemenkominfo diberbagai wilayah, untuk itu guna mendukung terwujudnya Smart City dibutuhkan banyak persiapan seperti integrasi teknologi dalam tata kelola kota. Dengan adanya Smart City pengembangan dan pembangunan disuatu daerah dapat lebih efektif dan efisien

“Bimtek kali ini merupakan rangkaian akhir dari penyusunan Master Plan Smart City Kab.Majalengka dalam kesempatan ini juga akan ditetapkan Quick Win atau program unggulan disetiap dimensi Smart City, untuk itu mari kita dukung bersama program Quick Win tersebut, tak lupa juga kami berterimakasih kepada pihak Kemenkominfo yang telah memberikan pendampingan kepada Kab.Majalengka dalam program Smart City ini, jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh serta harus berkolaborasi antar berbagai unsur demi mewujudkan Majalengka Smart City,” Ungkap Wakil Bupati. (Diskominfo)