Wabup Minta Relawan TIK bisa Promosikan Majalengka lewat Teknologi Informasi

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang semakin pesat tentunya harus membawa manfaat bagi setiap lini.

Keberadaan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK), menjadi daya dorong suksesnya program pemerintah. Karena bisa membantu pemerintah dalam menyampaikan program-programnya kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Majalengka Tarsono D. Mardiana saat menghadir Pengukuhan Relawan Teknologi Informasi Komunikasi ( RTIK ) Pengurus Cabang Kabupaten Majalengka bertempat di Gedung KNPI Kabupaten Majalengka, Kamis 2/6/2022

Keberadaan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( RTIK ) yang bekerja secara strategis dengan Pemerintah Daerah khususnya dengan Dinas Kominfo sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“Di era digitalisasi sekarang ini keberadaan relawan TIK ini sangat dibutuhkan sebagai jembatan komunikasi dalam menyampaikan program pemerintah dan sebaliknya bisa memberi masukan dari masyarakat Majalengka,” jelas Wabup.

Wakil Bupati Juga berharap Relawan TIK bisa terus menginformasikan tentang Kabupaten Majalengka kepada mayarakat luar baik itu pembangunan yang sudah dilaksanakan dan sedang berjalan, pariwisata, budaya serta produk UKM yang dihasilkan di Kabupaten Majalengka sehingga mempunyai daya tarik yang baik untuk masyarakat luar untuk datang ke Kabupaten Majalengka.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka H. Gatot Sulaeman, AP. MP mengatakan bahwa Relawan TIK adalah salah satu bentuk konkret dan nyata peran aktif masyarakat dalam turut serta membangun bangsa di bidang optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Diharapkan dengan adanya pengukuhan kepengurusan Relawan TIK di Kabupaten Majalengka dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk lebih baik lagi serta dapat bekerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan informasi dan komunikasi yang sehat ,” tuturnya.

Ketua RTIK Provinsi Jawa Barat Muh Fajar Muharom dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan mengajak kepada seluruh Relawan TIK Jawa Barat untuk terus konsisten mendampingi masyarakat.

“Mohon dukungan dan kolaborasinya untuk kembali melanjutkan beberapa program untuk Relawan TIK Jawa Barat khususnya Kabupaten Majalengka,”ujarnya.

Fajar berharap segenap keluarga Relawan TIK Jawa Barat dapat saling mendukung dan berkolaborasi dalam melanjutkan program yang telah dibuat dan bersinergi dengan pemerintah daerah masing-masing.

Sementara Ketua yang baru dilantik M. Abduh Nugraha mengatakan bahwa Relawan TIK sendiri sudah berdiri di Majalengka sejak Tahun 2014 dan sekarang dilantik kepengurusan baru untuk masa bhakti 2022 – 2026 .

Relawan TIK adalah sebuah perkumpulan relawan dengan kesadaran pemberdayaan masyarakat di bidang teknologi informasi. Sedangkan latar belakang berdirinya Relawan TIK di Kabupaten Majalengka karena masih kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan informasi.

Relawan TIK merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diinisiasi sejak tahun 2012 dan merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk dan didirikan untuk bersama-sama dengan pemerintah meningkatkan kemajuan TIK masyarakat.

(Rilis Diskominfo)