Tingkatkan Potensi dan Keterampilan Pelaku IKM di Kab.Majalengka, Disperindag Adakan Pelatihan Kapasitas IKM

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Dalam upaya mengembangkan keterampilan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kab.Majalengka, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kab.Majalengka bekerjasama dengan pihak Ritel Swasta Modern yakni Indomaret adakan “Pelatihan Kapasitas” Pelaku Industri Kecil Menengah, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, Drs. H. Eman Suherman,M.M., di Aula Nyi Rambut Kasih, Kamis (12/10/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan 100 orang para pelaku IKM di Majalengka, serta dihadiri oleh Branch Manager Indomaret Cabang Cirebon beserta jajajaran, Kepala Disperindag Kab.Majalengka beserta jajarannya, Kepada Dinas K2UKM, Kepala Dinas DPMTPSP, Pimpinan Bank BJB Majalengka, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, Drs. H. Eman Suherman, M.M., menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab.Majalengka, yang telah menyelenggarakan Pelatihan Kapasitas Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), hal tersebut juga sebagai bagian dari kewenangan Pemkab dalam hal urusan Bidang Perindustrian untuk melakukan pembianaan kepada para pelaku IKM yang ada di Kab.Majalengka, selain itu di Kab.Majalengka pada tahun 2022 telah terjadi kenaikan IKM yang berjumlah 110 IKM dengan laju pertumbuhan sekitar 5,64% sehingga berdasarkan angka pertumbuhan tersebut Disperindag telah melakukan pembinaan langsung para pelaku IKM sejumlah 2.062 IKM.

“Kegiatan Pelatihan Kapasitas ini juga sebagai langkah strategis dalam membina kemitraan antara Pemda dengan pihak Swasta, seperti saat ini bekerjasama dengan Indomaret, dengan adanya Indomaret diharapkan akan menjadi salah satu solusi dalam membuka akses pasar dalam memasarkan dan menjual produk-produk IKM yang ada di Kab.Majalengka guna memenuhi kebutuhan pasar,” Ucap Sekda.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, kegiatan pelatihan ini juga bertujuan untuk memupuk dan mengembangkan keterampilan para peserta baik secara teknis maupun manajerial dalam menjalankan usaha, sehingga outputnya para pelaku IKM diharapkan dapat mengimplementasikan semua pengetahuan baru yang akan didapatkan dari kegiatan ini sehingga dapat meningkatkan kualitas produk para pelaku IKM di Kab.Majalengka.

“Pelatihan Kapasitas IKM ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan kepada para pelaku IKM untuk meningkatkan potensi dan keterampilan sehingga para pelaku IKM ini mampu menjadi  lebih kreatif dan inovatif, untuk itu manfaatkanlah kegiatan ini sebagai bekal pengetahuan dan juga sebagai ajang  sharing antar Pelaku IKM sebagai enterpreneur demi kemajuan usaha kedepannya,” Pungkas Sekda.