Sebanyak 1.064 ASN PPPK Guru Ikuti Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di lingkungan Pemkab Majalengka

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Dalam upaya membina dan memperkenalkan nilai-nilai tugas dan fungsi Aparatur Sipil Negara Kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru dilingkungan  Pemkab Majalengka yang baru dilantik, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bersama Dinas Pendidikan Kab.Majalengka, selenggarakan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja bagi para Guru dilingkungan Pemkab Majalengka tahun 2023, bertempat di Hotel Fieris Kertajati, Kamis (09/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BKPSDM Kab.Majalengka, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Majalengka, Inspektur Inspektorat Kab. Majalengka, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Majalengka, serta diikuti oleh 1.064 ASN PPPK Guru dilingkungan Pemkab Majalengka.

Dalam laporannya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab.Majalengka, Dr. H. Irfan Nur Alam, S.H.,M.H., menyampaikan bahwa kegiatan orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru dilingkungan Pemerintah Kab.Majalengka merupakan kegiatan yang wajib diikuti bagi para guru yang baru diangkat, hal tersebut guna memberikan pengenalan mengenai   nilai-nilai kewajiban tugas dan fungsi Aparatur Sipil Negara kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru dilingkungan Pemkab Majalengka.

” Orientasi ini wajib diikuti oleh seluruh PPPK dilingkungan Pemkab Majalengka yang baru diangkat, kalau di PNS namanya Prajab, nah sebutan untuk PPPK Guru yaitu Orientasi, semua PPPK dilingkungan Pemkab Majalengka jumlahnya sekitar (Tiga Ribu Lima Ratusan) lebih, namun dibagi menjadi beberapa tahap, sementara kegiatan hari ini untuk guru dilingkungan Dinas Pendidikan Kab.Majalengka totalnya 1.064 guru PPPK, ” Ucap Irfan.

Irfan menambahkan, adapun waktu dan metode yang dilakukan dalam Orientasi PPPK, untuk waktu dilaksanakan mulai tanggal 9 November hingga 9 Desember 2023 dengan metode Hybrid yaitu mengkombinasikan pembelajaran tatap muka,pembelajaran mandiri secara E Learning, dan pembelajaran melalui media virtual.

” Adapun kurikulum terkait Orientasi PPPK ini terdiri dari dua yakni yang pertama kurikulum yang menyangkut dengan peran fungsi dan tugas ASN dengan agenda pembelajaran diantaranya sikap prilaku bela negara, wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara, selain itu mengenai agenda smart goverment dan smart ASN serta hal terkait lainnya, sedangkan kurikulum kedua yaitu yang menyangkut pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah, diantaranya yang menyangkut tentang susunan organisasi dan tata kerja, pengenalan manajemen tugas dan fungsi PPPK ditempat kerja serta hal terkait lainnya,” Ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dilingkungan Pemkab Majalengka khususnya Guru yang di gagas oleh BKPSDM Kab.Majalengka bersama Dinas Pendidikan Kab.Majalengka.

“PPPK yang baru pertama kali dilantik wajib mengikuti kegiatan ini, modelnya dengan sebutan Orientasi, sama seperti Prajabatan atau Prajab yang wajib dilaksanakan bagi para PNS yang baru dilantik, namun dengan model Orientasi ini dilakukan untuk mengefisiensi biaya, karena jumlahnya begitu banyak jadi dilakukan secara daring, setelah pembukaan hari ini kemudian para PPPK guru sebanyak 1.064 akan melaksanakan diklat pertama selama kurang lebih satu bulan lamanya,” Ucap Bupati.

“Saya berharap kegiatan Orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru dilingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka dapat diikuti dengan penuh tanggung jawab sehingga dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan sehingga outputnya PPPK Guru ini dapat menjadi tenaga yang handal dan profesional serta senantiasa menjaga integritas ASN PPPK dilingkungan Pemkab Majalengka,” Pungkasnya.