PKK Kab.Majalengka Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke- 50 Tahun 2022

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-50 tahun 2022, Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka selenggarakan acara peringatan HKG PKK yang bertempat di Islamic Center, Selasa (26/07/2022).

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD, Wakil Bupati Majalengka, unsur Forkominda, Sekda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka beserta Wakil Ketua TP-PKK beserta anggota TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Majalengka beserta jajaran, para Kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Majalengka, Dirut BUMD Kab. Majalengka, Ketua Bhayangkari Kab.Majalengka, Ketua Persit Kodim 0617, para sesepuh PKK dan Ketua Organisasi Wanita, para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Majalengka, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50, Hj. Neni Suryani mengatakan bahwa secara historis gerakan PKK telah ada sejak tahun 1972 dan diperingati setiap tanggal 4 Maret. PKK merupakan organisasi yang besar, memiliki akar hingga ke tingkat Desa dan Dusun, apalagi dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Keluarga maka TP PKK telah memiliki payung hukum. TP PKK juga merupakan mitra Pemerintah dan memiliki kiprah yang sangat luas dalam mendukung suksesnya pembangunan guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan di Kab. Majalengka.

“Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air, meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan tujuan program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,”ucap nya

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka, Dra. Hj. Dedeh Karna Sobahi, M.Pd., membacakan sambutan Ketua UMUM TP-PKK, menyampaikan bahwa HKG merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar serta memiliki arti penting strategis dalam, implementasi 10 program PKK. Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dengan satu tujuan yakni masyarakat yang berdaya dan sejahtera. Adapun tema Peringatan HKG PKK ke-50 tahun 2022 yaitu “Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa Berbagi untuk Sesama”.

“Tema ini harus melekat didalam sanubari kita semua, sebagai keluarga besar gerakan PKK melalui tema ini harus menjadi tekad bersama, bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat, yang berarti juga untuk kemajuan Negara dan Bangsa Indonesia,”ucapnya.

“Momentum HKG ke-50 ini juga harus menjadi bahan evaluasi PKK dala setiap programnya, agar disetiap program-program PKK dapat terlaksana secara baik dan tepat pada sasaran, selain itu tim penggerak PKK harus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan dan searah dengan program kebijakan pemerintah, hal inipun harus menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas, selain itu TP PKK sebagai mitra kerja dari Pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharuan yang inspiratif, keterkaitan program dan kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan prioritas program pembangunan Daerah maupun Nasional. ” Pungkas Ketua TP-PKK Kab.Majalengka.

Ditempat yang sama, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 khususnya di Kab.Majalengka. Melalui pringatan HKG PKK ke-50 Tahun 2022 ini diharapkan segenap jajaran TP-PKK secara berjenjang disemua tingkatan senantiasa untuk dapat merumuskan strategi dan langkah-langkah dalam bentuk rencana kerja TP-PKK Kab.Majalengka agar dapat selaras dalam mewujudkan Majalengka Raharja serta mewujudkan Indonesia Maju.

TP-PKK sebagai mitra kerja Pemerintah, khususnya Pemerintah Kab.Majalengka dalam usianya ke-50 telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang luar biasa dalam rangka membangun dan mendukung program Pemerintah baik di level pusat maupun Daerah, banyak tugas pemerintahan yang tidak bisa dijalankan secara utuh karena keterbatasan namun dapat dilaksanakan oleh TP-PKK, selain itu terdapat program-program PKK yang bisa dijalankan bersama-sama dengan Pemerintah, sebagai contoh, pada peringatan HKG ke-50 ini TP-PKK Kab.Majalengka bekerjasama dengan pihak BNN dalam upaya mensosialisasikan bahaya narkotika kepada masyarakat.

“Sebagai mitra Pemerintah Daerah, saya meminta kepada TP-PKK untuk terus bergerak dalam rangka membantu program-program Pemerintah, selain itu dalam peringatan HKG PKK ke-50, PKK semakin kompak bergerak dalam menatap jauh kedepan guna mewujudkan masyarakat yang berdaya, PKK juga harus turut serta membantu Pemerintah Daerah dalam mensosialisasikan program maupun hasil-hasil pembangunan Pemerintah Daerah Kab.Majalengka baik yang akan dan yang telah dilakukan, karena semua program yang dilaksanakan tentunya harus dapat dirasakan outputnya kepada masyarakat Majalengka demi mewujudkan kesejahteraan keluarga hal tersebut tentunya guna membantu Pemda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Bupati (Kominfo)