PKK Kab.Majalengka Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke- 49 Tahun 2021 “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-49 tahun 2021, Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka selenggarakan acara peringatan HKG PKK yang bertempat di Lap.Tenis Setda, Rabu (13/10/2021).

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD atau yang mewakili, Wakil Bupati Majalengka, unsur Forkominda, Sekda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka beserta Wakil Ketua TP-PKK beserta anggota TP-PKK Kab.Majalengka, para Kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Majalengka, Dirut BUMD Kab. Majalengka, Ketua Bhayangkari Kab.Majalengka, para sesepuh PKK dan Ketua Organisasi Wanita, Ketua Dharma Wanita Kab. Majalengka beserta jajaran pengurus, para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Majalengka, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49, Ny. Nenden Harahap mengatakan bahwa secara historis gerakan PKK telah ada sejak tahun 1972 dan diperingati setiap tanggal 4 Maret. PKK merupakan organisasi yang besar, memiliki akar hingga ke tingkat Desa dan Dusun, apalagi dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Keluarga maka TP PKK telah memiliki payung hukum. TP PKK juga merupakan mitra Pemerintah dan memiliki kiprah yang sangat luas dalam mendukung suksesnya pembangunan guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan di Kab. Majalengka.

Masih dikatakan Ny. Nenden, adapun tema peringatan HKG PKK ke-49 tahun 2021 adalah “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air, meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan tujuan program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sebelum Ketua TP PKK dan Bupati Majalengka memberikan sambutannya. Wakil Ketua IV TP PKK Kab.Majalengka membacakan sejarah Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Indonesia.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Dra. Hj. Dedeh Karna Sobahi, M.Pd., membacakan sambutan Ketua UMUM TP PKK, menyampaikan bahwa HKG merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar serta memiliki arti penting strategis dalam, implementasi 10 program PKK. Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dengan satu tujuan yakni masyarakat yang berdaya dan sejahtera. Peringatan HKG tahun ini mengusung tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”, tema dimaksud mengandung arti bahwa Tim Penggerak PKK hendaknya tau, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai objek sasaran pemerintah akan tetapi mampu menginisiasi keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju perubahan yang lebih baik searah dengan tujuan pembangunan Nasional, semoga melalui peringatan HKG PKK menjadi momentum kebangkitan gerakan PKK melalui gerakan pelopor perubahan menuju Indonesia Maju,” ucap Dedeh.

Masih dikatakannya, pola pendekatan pergerakan peranserta masyarakat yang menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang besar, artiny pergerakan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan adalah prinsip dasar gotong royong yang merupakan warisan budaya Bangsa. Setiap perayaan yang dilakukan dalam memperingati hari Kesatuan Gerak PKK harus mampu menumbuhkan semangat yang menggelora karena TP PKK sebagai mitra kerja dari Pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharuan yang inspiratif.keterkaitan program dan kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan prioritas program pembangunan Daerah maupun Nasional.

Dalam sambutannya Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK khususnya di Kab.Majalengka. Melalui pringatan HKG PKK ke-49 Tahun 2021 ini diharapkan segenap jajaran TP-PKK secara berjenjang disemua tingkatan senantiasa untuk dapat merumuskan strategi dan langkah-langkah dalam bentuk rencana kerja TP-PKK Kab.Majalengka agar dapat selaras dalam mewujudkan Majalengka Raharja serta mewujudkan Indonesia Maju.

“Peringatan HKG PKK setiap tahunnya hendaknya menjadi bahan renungan dan evaluasi terhadap hal-hal apa saja yang telah dilakukan selama satu tahun kebelakang dan merumuskan suatu hal yang lebih baik kedepannya, melalui momentum ini diharapkan juga dapat menjadi motivasi dan semangat kader-kader PKK serta masyarakat untuk melaksanakan program kegiatan PKK sehingga pada waktunya dapat terwujud tatanan kehidupan masyarakat Majalengka Raharja,” ucap Bupati

Bupati menambahkan, Tim Penggerak PKK sebagai mitra Pemerintah Daerah hendaknya untuk senantiasa bersama-sama membantu program-program yang sudah dicanangkan antara PKK dengan tiap OPD untuk terus ditingkatkan artinya PKK harus jemput bola dengan jaringan kemitraan OPD, keduanya harus sama-sama proaktif untuk melaksanakan program kegiatan bersama misalnya PKK dengan Dinas Rumkintan dengan Program Rutilahunya, PKK dengan Dinsos dengan program Rantang Kanyaah, semua program ini tentunya harus dapat dirasakan outputnya kepada masyarakat Majalengka demi mewujudkan kesejahteraan keluarga hal tersebut tentunya guna membantu Pemda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Kominfo)