PJ Bupati Majalengka Secara Resmi Membuka Kegiatan TMMD Ke-119 Tahun 2024

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat sekaligus menjaga keutuhan NKRI. TNI bekerjasama dengan Pemkab Majalengka mengadakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertempat di Desa Cipasung Kec. Lemahsugih yang dibuka oleh PJ Bupati Majalengka, Selasa (20/02/2024).

Turut menghadiri acara tersebut Pangdam III/Siliwangi atau yang mewakili, Danrem 063/SGJ atau yang mewakili, Kepala Dinkes Prov.Jabar, Kepala BKKBN Prov.Jabar, ASOPS Kasdam III/Siliwangi, Kapendam dan Kakesdam III/ Siliwangi, Waaster Kasdam III/Siliwangi, Dandim 0614/Kota Cirebon, Dandim 0615/Kuningan, Dandim 0620/Cirebon, Dandim 0617/Majalengka, Danyon 321 Raider/GT, Danlanud S.Sukani, Sekretaris Daerah, unsur Forkominda, para Staf Ahli serta Asisten Bupati, kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Majalengka, para Kepala Desa se-Kecamatan Lemahsugih, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Majalengka, para pengurus BPD, LPM, Ketua FKPPI beserta anggota, para pengurus Lembaga Kemasyarakatan serta warga masyarakat Desa Cipasung dan undangan lainnya.

Mengawali sambutannya PJ Bupati Majalengka, Drs. H. Dedi Supandi, S.STP.,M.Si., mengucapkan selamat datang kepada Pangdam III/Siliwangi beserta seluruh anggota TNI di Desa Cipasung Kec. Lemahsugih Kab. Majalengka. Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 pada tahun 2024 ini membawa tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah”. Kegiatan akan dilaksanakan selama 30 hari kedepan, dari Bulan Februari hingga Maret nanti.

Menurut PJ Bupati, peningkatan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu strategis prioritas yang digunakan oleh Pemkab Majalengka, karena melalui pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat menjadi pendekatan yang efektif dan efisien dalam membangun infrastruktur di pedesaan. Demikian pula kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan langkah strategis sebagai upaya konkrit untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur perdesaan di Kab. Majalengka baik melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang bersifat Nasional, Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang bersifat regional di Jawa Barat, maupun TNI Manunggal Sindang Kasih (TMSK) yang bersifat lokal di Kabupaten Majalengka.

Selanjutnya Bupati mengatakan makna utama kegiatan ini yaitu tidak hanya sekedar bersama-sama mengerjakan pekerjaan fisik, namun yang paling utama adalah terwujudnya rasa kebersamaan, kemanunggalan dan kegotongroyongan. Bupati mengajak peran aktif seluruh jajaran birokrasi di lingkungan Pemkab Majalengka, TNI serta seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta menyukseskan kegiatan TMMD ini, karena melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan budaya kebersamaan, kemanunggalan dan kegotongroyongan di Kabupaten Majalengka sehingga akan menciptakan kesatuan dan persatuan serta juga kesejahteraan
bagi masyarakat khususnya di Kab.Majalengka.

Adapun bentuk kegiatan TMMD ke-119 yang dilaksanakan di Desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih diantaranya yaitu, pembangunan jalan yang menghubungkan jalan Blok Sukamanah dan Blok Wiranyana, dengan pembangunan jalan ini diharapkan dapat mempermudah akeses bagi masyarakat mendorong tumbuhnya perekonomian, kemudian Pembuatan tembok penahan tanah dan Drainase untuk kepentingan pertanian di wilayah tersebut, serta juga selain kegiatan fisik ada juga kegiatan non fisik seperti kegiatan penyuluhan pertanian, perkebunan, penyuluhan pajak bumi dan bangunan, pertahanan negara, serta penyuluhan lainnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, PJ Bupati Majalengka mengingatkan seluruh warga masyarakat untuk memupuk kebersamaan, kemanunggalan dan gotong royong masyarakat, terus semangat untuk mencari solusi melalui musyawarah saat terdapat perbedaan pemahaman atau pemikiran, serta menjaga dan memelihara seluruh infrastruktur yang dibangun melalui kegiatan TMMD. Sambutan diakhiri dengan ucapan basmalah kemudian PJ Bupati secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024 di Desa Cipasung Lemahsugih Kabupaten Majalengka.