PJ Bupati Majalengka Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi “Lilin Lodaya 2023” untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Pemerintah Kab.Majalengka bersama unsur TNI-POLRI menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi “Lilin Lodaya 2023” untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024. Acara ini merupakan sebuah upaya kolaboratif dan terintegrasi antara TNI, Polri, serta BPBD untuk menjaga stabilitas keamanan di tengah perayaan Natal yang akan segera tiba dan menyambut pergantian tahun menuju 2024, PJ Bupati Majalengka Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi lilin lodaya tahun 2023 tersebut, di Mapolres Majalengka, Kamis (21/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Majalengka beserta jajarannya, Dandim 0617 Majalengka, KA Kejari Majalengka, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, serta perwakilan dari berbagai dinas terkait. Dalam suasana yang penuh kesiagaan, upacara ini menandai langkah awal dari berbagai strategi pengamanan yang akan dilakukan di wilayah ini.

Dalam keterangannya, Kapolres Majalengka, AKBP. Indra Novianto, S.IK.,M.Si., menyampaikan Operasi ini menjadi wujud nyata dari perhatian dan kewaspadaan pemerintah terhadap situasi yang mungkin timbul selama masa perayaan Natal dan Tahun Baru. Tujuannya jelas menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan kondusif bagi seluruh masyarakat Kabupaten Majalengka. Langkah preventif ini penting untuk meminimalisir potensi gangguan keamanan yang bisa terjadi.

Salah satu kegiatan yang menonjol dalam gelar pasukan ini adalah pemusnahan minuman keras (miras) dengan menggunakan alat berat. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya penertiban di tengah masyarakat guna memastikan bahwa perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung dengan tertib dan aman.

“Diharapkan kehadiran pasukan gabungan ini mampu memberikan rasa aman dan keyakinan kepada masyarakat Kabupaten Majalengka, sehingga mereka dapat merayakan momen-momen penting ini dengan tenang dan tanpa kekhawatiran akan potensi gangguan keamanan,” ucapnya.

“Operasi Lilin Lodaya 2023 bukan hanya sekadar seremoni, melainkan sebuah komitmen nyata dari aparat keamanan dan pemerintah untuk melindungi serta mengayomi warga di tengah gejolak potensial yang mungkin muncul selama perayaan akhir tahun. Semua langkah ini dilakukan dengan harapan agar Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Majalengka menjadi momentum kebahagiaan dan kedamaian bagi seluruh masyarakatnya,” tandas Kapolres Majalengka.

Sementara itu dalam keterangannya, PJ Bupati Majalengka, Dr. H. Dedi Supandi, S.STP.,M.Si., menyampaikan bahwa,kegiatan Operasi Lilin Lodaya Tahun 2023 ini merupakan bentuk sinergitas antara POLRI, TNI dan juga Pemerintah Kab.Majalengka dalam upaya persiapan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun baru di wilayah Kab.Majalengka.

“Kita bersama-sama bersinergi siap siaga menjaga kekondusifan diwilayah Kab.Majalengka,disamping itu juga kesiapsiagaan kita bersama dalam menghadapi musim penghujan dimana rawan terjadinya bencana alam dibeberapa wilayah di Kab.Majalengka, bersamaan dengan kegiatan apel ini juga kami bersama Polres Majalengka beserta unsur tokoh agama dan masyarakat melaksanakan pemusnahan Miras sebanyak 6.466 yang diperoleh dari hasil operasi dan ada 1.117 jamu dan obat terlarang, semua ini dilakukan dalam upaya menjaga kondusifitas di wilayah Kab.Majalengka dalam menyambut Nataru dan juga Pemilu Tahun 2024,” pungkas PJ Bupati Majalengka.