Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, Bupati Pimpin Aksi Penanaman Bibit Pohon

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Melaui Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup Kab.Majalengka lakukan aksi menanam ribuan bibit Pohon bersama seluruh unsur Stakeholder di Kab.Majalengka, aksi menanam bibit pohon tersebut dipimpin oleh Bupati Majalengka, bertempat di Desa Putri Dalem Kecamatan Jatitujuh, Rabu (30/11/2022).

Turut menghadiri kegiatan, Ketua DPRD Kab.Majalengka, Wakil Bupati, Sekda, unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua Dharmawanita Persatuan Kab.Majalengka, Para Kepala OPD, Staf Ahli, Asisten Daerah Kab.Majalengka, Para Camat yang mengikuti kegiatan secara Virtual ditempatnya masing-masing, para Kepala Desa se-Kecamatan Jatitujuh, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab.Majalengka, Ir. Hj. Nadisha Hanna Haritzin, M.M. mengatakab bahwa adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan nilai-nilai strategis gerakan revolusi mental melalui kegiatan menanam pohon dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi lahan, serta penurunan produktivitas lahan yang dilakukan secara bersama-sama dan bergotong royong.

“Gerakan menanam pohon ini merupakan aksi nyata gerakan revolusi mental melalui penanaman sepuluh juta pohon se-Indonesia, adapun target penanaman pohon di Kab.Majalengka pada tahun 2022 ini yanki berjumlah 26.134 pohon yang serentak dilakukan diseluruh Kecamatan se-Kab.Majalengka dan dikomandoi oleh Bupati pada kegiatan saat ini di Desa Putri Dalem Kec.Jatitujuh,” Ucap Kadis LH

Masih dikatakan Kadis LH, “adapun bibit tanaman pada kegiatan penanaman pohon ini berasal dari BPDAS Cimanuk-Citanduy sebanyak 20.934 pohon, Perum Perhutani sebanyak 1.000 pohon dan dari TNGC sebanyak 200 pohon dengan jenis bibit pohon kayu-kayuan dan buah-buahan,” Pungkasnya

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr.H.Karna Sobahi, M.M.Pd., mengapresiasi kegiatan aksi penanaman ribuan pohon yang di gagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH). Lewat aksi penanaman pohon ini berarti ikut serta dalam mengimplementasikan program pemerintah yaitu Revolusi Mental dengan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, kegiatan menanam pohon ini harus dibiasakan dan menjadi gerakan masa yang luar biasa, disamping itu lewat aksi ini juga bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Kab.Majalengka untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan untuk memperbaiki, merehabilitasi dan merestorasi hutan dan lahan.

“Dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tingkat Kab.Majalengka tahun 2022, esensinya adalah memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon, Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) jatuh pada tanggal 28 November dan diperingati setiap tahunnnya,”Pungkas Bupati.

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan aksi penanaman bibit pohon yang di komandoi oleh Bupati Majalengka dan turut serta diikuti oleh Wakil Bupati, Sekda, dan seluruh stakeholder yang ikut dalam kegiatan tersebut, juga sebagai pertanda dimulainya aksi penanaman pohon di tiap-tiap Kecamatan.