Peringati Hari Jadi Ke-533, Pemkab Majalengka Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Majalengka ke-533, Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Kesehatan menggelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis bagi warga masyarakat Majalengka, kegiatan ini digelar di RSUD Talaga Kab.Majalengka, Selasa (04/07/2023).

Kegiatan dihadiri unsur Forkopimda Kab.Majalengka, Asisten Daerah, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Kadinkes beserta jajarannya, Ketua Baznas Kab.Majalengka, Direktur RSUD Talaga, Kepala UPTD Puskesmas se-Kab.Majalengka, Camat se-Kab.Majalengka, unsur Muspika Kecamatan Talaga, serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Majalengka, H.Agus Susanto, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kab.Majalengka ke-533, operasi Katarak gratis ini diikuti oleh 150 orang, dimana dari hasil Screening hanya 100 orang yang memenuhi syarat kesehatan, untuk itu 100 orang akan di operasi Katarak secara gratis pada kegiatan hari ini.

“Meskipun sebenarnya masih banyak masyarakat Majalengka yang secara data perlu mendapatkan pelayanan operasi Katarak, ada sekitar 1.650 masyarakat lainnya di Kab.Majalengka yang perlu mendapatkan layanan ini, untuk itu kedepannya melalui program Dinkes yang dikerjasamakan dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Provinsi Jawa Barat, akan secara bertahap dan berkesinambungan menyelenggarakan kembali operasi katarak bagi masyarakat Majalengka yang memerlukan penanganan,” Ucap Kadinkes

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati serta Perdami yang telah mensupport kegiatan ini, mudah-mudahan dengan kegiatan Bakti sosial operasi ini dapat membantu dan meringankan beban hidup masyarakat Majalengka dengan mata yang sehat kembali setelah operasi dapat kembali beraktivitas normal seperti sedia kala tanpa gangguan pengelihatan, ” Pungkas Kadinkes.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan Operasi Katarak bagi masyarakat Majalengka dalam memperingati Hari Jadi Majalengka ke-533 ini merupakan rangkaian kegiatan yang dipersembahkan untuk rakyat di Kab.Majalengka, kegiatan yang difokuskan kepada kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Sesuai dengan Tema Hari Jadi Majalengka ke-533 yakni “Rempeg Gawe Lanjutkeun Majalengka Raharja”.

Kegiatan Baksos Operasi Katarak ini membuka kembali celah kehidupan, dengan cara pandang jauh melihat dunia ini secara sempurna tidak terhalang oleh kendala mata. Sebagai informasi adapun kasus Katarak di Kab.Majalengka dari tahun 2021 hingga 2023 berjumlah 5.663 kasus, adapun yang telah dilakukan penanganan operasi Katarak sebanyak 4.013 orang jadi sisanya yang masih belum dilakukan penanganan operasi sejumlah 1.650 orang. Sejumlah temuan kasus Katarak di Kab.Majalengka tersebut hasil dari lacakan langsung Dinas Kesehatan dengan programnya yaitu Puskesmas Nganjang ka Imah, untuk itu data yang dihasilkan faktual dan objektif berdasarkan observasi di lapangan langsung.

“Melalui kegiatan Operasi Katarak Gratis ini diharapkan, dapat membantu masyarakat agar dapat menikmati hidup dengan pandangan yang indah serta dapat lebih produktif dalam hidupnya, dan terimakasih kepada jajaran Dinas Kesehatan atas kegiatan ini semoga dapat terus dilakukan agar kasus Katarak di Kab.Majalengka dapat teratasi seutuhnya,” Pungkas Bupati.