Peringati Hari Jadi Kab.Majalengka ke-532, Bupati Ziarah ke Makam Pangeran Muhammad

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID- Dalam rangka memperingati hari jadi Majalengka yang ke 532, Bupati beserta jajaran Pejabat di Pemerintah Kabupaten Majalengka ziarah ke makam salah satu tokoh pahwalan di Kabupaten Majalengka yakni Pangeran Muhamad, makam tersebut berlokasikan di Margatapa Kelurahan Ci Curug, Juma’t (03/06/2022).

Kegiatan Ziarah diikuti Ketua DPRD Kabupaten Majalengka, Sekretaris Daerah, unsur Forkopimda, Ka Kemenag, Ketua beserta Wakil Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Majalengka, Ketua MUI Kabupaten Majalengka, Ketua FKUB, para Staf Ahli, Asisten Daerah, para Kepala OPD, para Camat, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, tokoh agama, kuncen makam serta masyarakat Kelurahan Cicurug.

Acara diawali dengan pembacaan sejarah singkat kiprah Pangeran Muhamad di bumi Sindangkasih Majalengka oleh Ketua DPRD Kabupaten Majalengka kemudian dilanjutkan sambutan Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr.H. Karna Sobahi.,M.M.Pd., mengatakan, pada saat yang berbahagia kita dapat berkumpul di hamparan atau areal tempat bersemayamnya salah satu tokoh pahlawan dan pejuang pendiri Kab.Majalengka yaitu Pangeran Muhamad. Ziarah kubur adalah sebagai bentuk ritual yang pada intinya adalah menyampaikan doa untuk pendahulu, apa yang disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis bahwasanya kita diminta untuk memperbanyak mengingat pemutus kelezatan yakni kematian, sehingga ketika berkunjung ke tempat ini akan diingatkan bahwasanya pada akhirnya semua yang hidup akan dikubur seperti ini, oleh karena itu menjelang Puncak hari jadi Majalengka yang ke-532 kita akan persembahkan doa untuk tokoh pejuang yaitu Pangeran Muhammad.

Masih dikatakan Bupati, 532 tahun berdirinya Kab.Majalengka telah melalui proses panjang ratusan generasi di Majalengka telah membawa perubahan ke arah yang lebih baik yaitu Majalengka Bagja Raharja, peringatan hari jadi Majalengka ke-532 tahun 2022 berada dalam kecairan akibat pandemi Covid-19,sehingga ini akan menjadi momentum penting dan pembuka untuk lebih meningkatkan kesadaran kita dengan kesehatan oleh karena itu melalui Hari jadi ke-532 merupakan momentum kebangkitan kembali setelah diterpa pandemi Covid-19.

“Diharapakan melalui momentum Hari Jadi ke-532 ini, tugas-tugas penting dimulai tahun 2022 kedepan akan lebih terkoreksi lagi mengenai apa yang belum kita jalankan dan yang harus dijalankan serta apa yang harus kita capai, tiga hal penting ini yang harus menjadi perhatian kita semua,”Jelas Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan perihal seruan dari MUI Provinsi Jawa Barat perihal musibah yang dialami putra sulung Bapak Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil) yakni saudara Emmeril Kahn Mumtadz dan pihak keluarga sudah mengikhlaskan bahwasanya saudara Emmeril diyakini sudah meninggal dunia akibat musibah tenggelam di sungai Aare Bern Swiss pada tanggal 26 Mei 2022 lalu, untuk itu isi seruannya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan Shalat Ghaib yang ditujukan kepada jenazah Emmeril yang sampai saat ini belum ditemukan, Shalat Ghaib dilakukan serentak hari ini, Jum’at bisa sebelum shalat jumat ataupun sesudah shalat jum’at.