Peringati Hari Buruh Bupati Tampung Aspirasi
Serikat Pekerja Se Majalengka

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Pemerintah Kabupaten Majalengka mengadakan silaturahmi dengan Serikat Pekerja buruh Pabrik se – Kabupaten Majalengka dalam rangkain peringatan Hari Buruh bertempat di Gedung Yudha Karya Pemda Majalengka Rabu ( 03/05/2023).

Kegiatan yang dihadiri Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd, Kapolres Majalengka, Dandim 0617 Majalengka , Danlanud Sugiri Sukani Jatiwangi, Kadis Ketenagakerjaan dan KUKM, Kepala DPMPTS, Ketua Baznas, Kepala PolPP dan Damkar dan Serikat Pekerja .

Dalam pertemuan tersebut diadakan dialog antara Serikat pekerja dengan Bupati seputar permasalahan tentang ketenagakerjaan dan persoalan buruh yang ada di Kabupaten Majalengka.

Edi Supandi dari SPSI meminta kepada Pemkab Majalengka agar adanya Balai Latihan Kerja ( BLK ) supaya buruh yang masuk ke setiap pabrik bisa langsung kerja dengan keahlian yang sudah di milikinya.

” Selama ini pekerja yang masuk ke setiap pabrik tidak memiliki keahlian sehingga , dalam proses rekrutmen harus melalui traning dulu. Makanya kalau pemerintah sudah menyediakan BLK maka menghasilkan pekerja yang memiliki skil dan keahlian , sehingga pas melamar langsung kerja tidak traning dulu, ‘ ungkap Edi.

Asep Odin dari KSPSI menyayangkan masih banyaknya perusahan yang belum memasukan karyawanya ke dalam BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan , padahal dalam undang – undang ketenagakerjaan buruh harus di lindungi dengan jaminan kesehatan dan keselamatan kerjanya.

Selain itu perwakilan serikat buruh juga meminta kepada Pemkab Majalengka menyediaka tempat atau ruang untuk melakukan silaturahmi dan sekaligus penyampai aspirasi para buruh.

Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd menjelaskan bahwa sebagai wujud keberpihakan Pemerintah Daerah terhadap para pekerja buruh di pabrik yang ada di Kabupaten Majalengka , maka gagasan ini sebagai jembatan menampung aspirasi serikat di perusahan – perusahaan yang ada di Kabupaten Majalengka.

” Perusahaan juga harus memperhatikan kesejahteraan buruh dengan memberikan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Bagaimanapun kata Bupati, pelaku usaha tidak akan mungkin bisa bergerak tanpa adanya buruh atau karyawan. Karena itu adalah hak karyawan yang harus didapat dari perusahaan tempat dia bekerja. Sayangilah buruh, maka Insya Allah usaha akan maju,” ujar Bupati.

Terkait perlunya komunikasi dan ruang untuk berkumpulnya serikat pekerja Bupati mengintruksikan kepada Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM untuk menjadwalkan pertemuan rutin dan menyediakann tempat berkumpulnya para buruh tersebut sehingga komunikasi dan kordinasi berjalan dengan masif.

” Semoga kedepannya kita dapat terus bersilaturahmi dan menumbuhkan sinergitas Buruh dengan TNI-Polri dan Pemkab dengan menjaga komunikasi dan koordinasi serta kerja sama serta untuk sama-sama menjaga situasi yang kondusif, ‘ ungkap Bupati.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM Arif Daryana menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkain peringatan hari buruh internasional tingkat Kabupaten Majalengka dan kegiatan lainya yaitu halal bihalal, penyerahan bantuan dan Jamsostek.

” Ini adalah sebagai sarana silaturahmi bagi pekerja/buruh/karyawan dan pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan hubungan industrial yang harmonis di Kabupaten Majalengka, ” ujar Arif.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyerahkan bingkisan dan paket sembako untuk perwakilan serikat pekerja.

( Rilis Diskominfo Majalengka )