Pemkab Majalengka Peringati Harkitnas ke-114 secara Virtual

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID- Pemerintah Kabupaten Majalengka peringati momen Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, upacara peringatan Harkitnas tersebut dilaksanakan secara virtual yang terpusat di Gedung Yudha, Jum’at (20/05/2022).

Kementerian Kominfo yang ditunjuk sebagai leading sektor penyelenggara upacara tingkat Nasional pada peringatan Harkitnas ke-114 tahun 2022 kali ini sementara di level Kabupaten, Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Majalengka sebagai leading sektor dalam penyelenggaraan peringatan Harkitnas ke-114 tersebut, adapun kegiatan dihadiri tamu undangan terbatas di Gedung Yudha dengan memperhatikan Prokes yang ketat, yang dihadiri Sekda, Para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab.Majalengka, Unsur Forkopimda, para Kepala OPD, dan diikuti secara virtual oleh seluruh ASN dilingkungan Pemkab Majalengka baik itu dari unit OPD dan Kecamatan serta lingkungan Sekolah.

Dalam laporannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka, H.Gatos Sulaeman, A.P.,M.Si., menyampaikan bahwa adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan upacara peringatan Harkitnas ke-114 tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, mendorong dan menumbuhkan serta meningkatkan semangat gotong royong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang serta untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19, adapun tema peringatan Harkitnas ke-114 tahun 2022 kali ini adalah “Ayo Bangkit Bersama”.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Majalengka, Dr.H.Karna Sobahi, M.M.Pd., menyampaikan sambutan Menteri Kominfo RI, mengatakan bahwa tahun ini kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional,”ucap Bupati

Masih dikatakan Bupati, Pada sisi penanganan COVID-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 500 kasus (Data per 13 Mei 2022). Selain itu, capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen, hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan.

“Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!,” Pungkas Bupati.