Momentum Hari Jadi Majalengka ke 531 harus Dijadikan Semangat Membangun dan Melayani untuk Masyarakat

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID- Peringatan hari jadi Majalengka ke 531 tahun ini masih di tengah pandemi covid -19 sehingga panitia melaksanakan dengan sederhana tapi tidak mengurangi makna dari momentum bersejarah ini. ” Dengan mengusung tema Terus Membangun,  melayani dan melindungi di masa Pandemi.”

Puncak peringatkan Hari Jadi Majalengka ke 531 dilakukan dengan Rapat Paripurna Istimewa bertempat di Gedung Bhineka Yudha Sawala DPRD Kabupaten Majalengka, Senin (7/6/2021).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Majalengka, Drs. H. Edy Anas Djunaedi, MM yang dihadiri Bupati, Sekda, Forkopimda, Kepala OPD, tamu undangan lainnya sedangkan para camat dan kepala desa mendengar secara virtual di Kecamatan masing – masing.

Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi, M.M.Pd dalam sambutanya mengatakan walaupun hampir 2 (dua) tahun anggaran kita mengalami Refocusing akibat pandemi COVID-19 namun capaian indikator makro sebagai tolak ukur keberhasilan kinerja pencapaian visi misi terus kita genjot.

Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Majalengka tahun 2018 sebesar 6,48 % dan ditargetkan pada tahun 2023 bisa meningkat menjadi 6,67 %. Capaian selama 2 (dua) tahun selama kepemimpinan kami berada di atas rata – rata LPE Nasional dan provinsi Jawa Barat yaitu sebesar 7,71 %.

Sedangkan Tingkat Pengganguran Terbuka (TPT) pada tahun 2019 turun menjadi 4,37 % dan ini jauh lebih baik dari rata – rata nasional. Prosentase Penduduk Miskin setiap tahunya semakin menurun sebesar 10,79 %.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) setiap tahunya mengalami kenaikan dari tahun 2018 sebesar 66,72 poin menjadi 67,52 poin pada tahun 2019.

Pada tahun 2021 ini pemerintah kabupaten Majalengka terus mengenjot pembangunan infrastruktur perekonomian yang langsung menyentuh ke masyarakat.

Diantaranya pembangunan jalan sepanjang 8 km dan pemeliharaan jalan kabupaten sepanjang 162 km yang tersebar di seluruh kabupaten Majalengka serta pemeliharaan jembatan dengan anggaran sebesar 165 miliyar.

Untuk meningkatkan pertumbuhan pertanian pemkab Majalengka akan merehabilitasi embung dan mata air sebanyak 27 lokasi serta rehabilitasi jaringan irigasi pedesaan sebanyak 454 titik dengan anggaran sebesar 128 miliyar.

Selain itu menurut Bupati pada tahun ini telah menganggarkan untuk rehab gedung pemerintah di 8 OPD sebesar 14 miliar serta gedung sarana publik di 14 lokasi dengan anggaran sebesar 24 miliar.

” Adapun untuk meningkatkan kualitas bidang pendidikan pada tahun 2021 ini pemerintah kabupaten Majalengka akan membangun dan merehabilitasi bangunan sekolah baik PAUD, SD dan SMP sebanyak 227 unit sekolah dengan anggaran mencapai 52 miliyar.” tutur Bupati

Dibidang kesehatan telah dianggarkan sebesar 125 milyar untuk menuntaskan pembangunan Rumah Sakit Talaga serta rehabilitasi puskesmas dan menyediakan alat kesehatan.

Dalam mewujudkan kemandirian Desa menuju Desa Raharja maka dibentuk program Padat Karya, Program TNI Bakti Desa Mandir, TMKS, Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa, Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat.

” Dan Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat dan kinerja ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka maka selama 2 (dua) tahun ini kita telah meraih penghargaan sebanyak 39 di tingkat nasional.” jelas Bupati.