Jelang Lebaran, Ribuan Warga Kabupaten Majalengka Terima Bantuan Beras

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H, sebanyak 172.745 Kelompok Penerima Manfaat ( KPM ) Kabupaten Majalengja menerima bantuan sembako berupa beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog) sebanyak 10 kg. Bantuan telah disalurkan mulai Sabtu tanggal 8 April 2023.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Majalengka Irwan Dirwan, S.STP melalui subkor Apip Suprianto saat meninjau penyerahan bantuan di Desa Bantarujeg Minggu ( 09/04/2023 ) membenarkan hal itu. Ia menjelaskan bantuan berupa beras ini merupakan program dari Badan Pangan Nasional, berdasarkan Keputusan Kepala BAPANAS Nomor 71/KS/03.03/K/3/2023 tentang Bantuan Pangan yang nantinya bakal dikeluarkan oleh Perum Bulog di masing-masing daerah.

Data penerima bersumber DTKS dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan pihak yang diberikan kewenangan menyalurkan dari Kantor Pos. Sedangkan, Pemkab Majalengka hanya melakukan pengawasan dan membantu proses penyaluran bantuan itu.

“Ini merupakan rentetan dari badan pangan nasional, data penerima bersumber dari Bulog kemudian yang menyalurkan Kantor Pos, dan kami melakukan pengawasan dan membantu proses penyaluran,” jelasnya.

Apip menyebut, masing masing penerima mendapat bantuan beras sebanyak 10 kilogram. Saat ini pihaknya tengah menyalurkan dengan pihak Kecamatan, Desa dan Muspika dalam penyaluran bantuan ini.

“Jumlah bantuan beras untuk Majalengka sebanyak 1.727.450 kg yang diberikan per KPM sebanyak 10 kilogram, dan untuk penyalurannya dari kecamatan kemudian disalurkan ke desa, kemudian dibagikan lagi ke KPM, pelaksanaan penyaluran dari tanggal 07 sampai 19 April di 26 Kecamatan” ujarnya.

Apip berharap, dengan adanya bantuan beras ini bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan lebaran nanti.

” Penerima manfaat merupakan warga miskin yang datanya sudah masuk dalam DTKS. Dengan bantuan ini diharapkan bisa meredam gejolak inflasi karena kenaikan harga beras dan bahan pokok lainnya, ” jelas Apip.

Sementara Nani warga desa Bantarujeg penerima bantuan merasa bahagia dengan adanya bantuan beras yang diberikan pemerintah disaat bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran.

” Dengan adanya bantuan beras ini sangat membantu kami disaat bulan Ramadhan , selain untuk makan bisa dipergunakan juga untuk zakat fitrah, terima kasih buat pemerintah yang telah peduli warganya, ” ungkap Nani.