Dinkes Majalengka Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Berbagi Santunan

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi, M.M.Pd menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW 1444 hijriyah yang diadakan Dinas Kesehatan Kab.Majalengka bertempat di halaman kantor Dinkes Selasa (18/10/2022).

Peringatan Maulid dengan konsep nuansa tradisonal islami yang menghadirkan hadroh solawatan serta penceramah , dihadiri Sekda Majalengka, para kepala OPD, Direktur RSUD Cideres dan Majalengka, Camat Majalengka dan ratusan pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan serta RSUD Cideres dan Majalengka.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Majalengka H. Agus Susanto, S.Sos, MSi dalam sambutanya mengatakan bahwa sebagai umat islam perlunya kita memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, dan dengan mengambil tema ” Kita Tingkatkan Ukuwah Insan Kesehatan Untuk Mewujudkan Majalengka Raharja” diharapkan semakin terjalin khususnya tali silaturahmi pada semua insan pegawai kesehatan baik yang ada di Dinas Kesehatan maupun di RS Daerah Cideres dan Majalengka.

Pada kesempatan ini juga kami memberikan santunan buat 50 orang yatim piatu dan jompo, sebagai wujud keperdulian insan Kesehatan terhadap masyarakat.

Dalam mewujudkan Majalengka Raharja Program prioritas Dinas Kesehatan Kab. Majalengka mulai tahun 2022 fokus pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Program tersebut melalui standar pelayanan minimal.

“Prioritas standar pelayanan minimal itu tidak lepas dari capaian kegiatan dalam 12 jenis indikator kesehatan, dengan kekuatan insan kesehatan yang ada di kabupaten Majalengka mencapai 4 ribu lebih diharapkan bisa meningkatkan IPM tersebut ” tutur H. Agus.

Sementara Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd dalam sambutanya bahwa makna yang paling mendasar dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, “ adalah untuk mengevaluasi sejauh mana Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rosulullah SAW dapat kita teladani dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh merupakan kerugian, apabila acara seperti ini tidak mampu merubah perilaku kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, baik dalam tataran ibadah secara vertikal maupun horizontal melalui peningkatan Iman dan Taq’wa serta semakin tingginya kesalehan Sosial.” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan keteladanan Rosul yang saat ini hampir punah, harus dihidupkan lagi yang diawali dengan menjalin silaturahmi, mempererat rasa kebersamaan, persaudaraan dan saling berbagi.

” Makanya saya perintahkan kepada setiap dinas saat ada momen acara untuk bisa berbagi terutama bagi masyarakat yang membutuhkan , yatim piatu dan jompo, ” jelas Bupati.
Lebih lanjut Bupati menjelaskan dalam mendukung peningkatan IPM Pemkab Majalengka melalui Dinas Kesehatan akan memprioritaskan infrastruktur fasilitas kesehatan (faskes). Caranya melalui pembangunan puskesmas yang memenuhi standar Kemenkes.

”Ada beberapa puskesmas yang akan kami perbaiki. Yang semula tidak representatif akhirnya jadi layak,” terang Bupati.