Bupati Resmikan Hasil-Hasil Pembangunan Tahun 2022

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID– Pemerintah Kabupaten Majalengka selenggarakan Peresmian Hasil-hasil Pembangunan di Kab. Majalengka Tahun 2022, ada yang berbeda dalam acara Peresmian hasil-hasil pembangunan untuk kali ini, dimana kegiatan dilakukan bersamaan dengan peresmian Gedung Creative Center Majalengka, Rabu (11/01/2023).

Tak hanya Bupati,Wakil Bupati Majalengka, Ketua DPRD Kab. Majalengka, unsur Forkopimda, Sekda beserta Para Kepala OPD yang hadir, namun Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Drs. Teten Masduki), Wakil Gubernur Jawa Barat (UU.Ruzhanul Ulum),serta Anggota DPR-RI F-PDIP (Dr. H. Sutrisno, SE., M.Si) ikut serta meresmikan Gedung Creative Center Majalengka, selain itu turut serta menghadiri acara tersebut yakni Kepala Kemenag, Ketua Pengadilan Agama, para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab. Majalengka,Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemkab. Majalengka, Pimpinan BUMN/BUMD, para Camat se-Kab. Majalengka, Ketua TP PKK Kab. Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Majalengka, Ketua Kadin Kab.Majalengka, Pimpinan Perbankkan, Ketua dan anggota Asosiasi Jasa Kontruksi di Kab. Majalengka, unsur Perguruan Tinggi di Kab. Majalengka, Pimpinan Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, Drs. H. Eman Suherman, M.M., menyampaikan bahwa maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai momentum untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat Majalengka khususnya pemenuhan dibidang infrastruktur, serta dengan tujuan sebagai rasa syukur atas pencapaian pembangunan di tahun anggaran 2022.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, adapun hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan di Kab.Majalengka di bidang infrastruktur tahun anggaran 2022 sebagai berikut, 1).Pembangunan dan Rehabilitasi Gedung kantor sebesar Rp.29.280.000.000 (Dua Puluh Sembilan Miliyar Dua Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah) yang terdiri dari, pembangunan Gedung Kantor Kejaksaan, Penataan Pujasera, Pembangunan Mako Polsek Kertajati, Pembangunan Mako Polsek Malausma, dan Pembangunan Gedung UPT PSDA. 2).Pembangunan Rehabilitasi ruang Sekolah Dasar menghabiskan biaya sebesar Rp. 32.353.205.000 (Tiga Puluh Dua Miliyar Tiga Ratus Lima Puluh Tiga Juta Dua ratus Lima Ribu Rupiah), yang dipergunakan untuk peningkatan sarana prasarana pendidikan, rehabilitasi ruang kelas sekolah dasar. 3).Rehabilitasi ruang Sekolah Menengah Pertama menghabiskan biaya sebesar Rp. 11.303.447.000 (Sebelas Miliyar Tiga Ratus Tiga ribu Empat Ratus Empat Puluh Tujuh ribu rupiah) yang dipergunakan untuk rehabilitasi sarana prasarana dan utilitas Sekolah. 4).Pelebaran dan Pemeliharaan jalan menghabiskan biaya sebesar Rp. 134.249.886.722 (Seratus Tiga Puluh Empat Miliyar Dua Ratus Empat Puluh Sembilan Juta Delapan Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Tujuh Ratus Dua Puluh Dua rupiah). 5) Rehabilitasi dan Pemeliharaan Jembatan menghabiskan biaya Sebesar Rp. 6.948.726.250. ( Enam Miliyar Sembilan Ratus Empat Puluh Delapan Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Enam Ribu Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). 6). Pembangunan dan Rehabilitasi Embung sumur dan jaringan irigasi menghabiskan biaya sebesar RP.120.476.299.239 (Seratus Dua Puluh Miliyar Empat Ratus Tujuh Puluh Enam juta Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan ribu Dua Ratus Tiga puluh Sembilan rupiah). 7).Pembangunan TPA/TPSP, SPA TPS 3R sebesar Rp. 2.271.840.000 (Dua Miliyar Dua Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Delapan Ratus Empat puluh Ribu Rupiah). 8).Belanja Modal instalasi air permukaan sebesar Rp 1,3 Miliyar, 9) perbaikan rumah tidak layak huni sebesar Rp. 5.549.093.200 (Lima Miliyar Lima Ratus Empat Puluh Sembilan Juta Sembilan Puluh Tiga ribu Dua Ratus rupiah). 10).Rehablitasi dan Pemeliharaan Jalan Usaha Tani sebesar Rp. 712.500.000, 11). Pembangunan BLUD RSUD Majalengka sebesar Rp. 7,5 Miliyar, 12). Belanja Modal Gedung dan Bangunan BLUD RSUD Cideres sebesar Rp. 2.712.750.192. (Dua Miliyar Tujuh Ratus Dua Belas Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Seratus Sembilan puluh dua rupiah).

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., kami atas nama Pemerintah Kab.Majalengka mengucapkan selamat datang kepada Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia beserta jajarannya dan juga Wakil Gubernur Jawa Barat atas kehadirannya di acara peresmian hasil-hasil pembangunan di Kab.Majalengka tahun anggaran 2022. Keberhasilan pembangunan di Kab.Majelengka di tahun 2022 tentunya berkat daya dukung dari segala sektor. Pembangunan infrastruktur ditujukan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, salah satunya Gedung Creativ Center.

Sampai dengan tahun 2022 Pemerintah Kab.Majalengka telah mendapat penghargaan sebanyak 206 dari tahun 2018. Dari sekian banyak penghargaan yang diterima terdapat dua penghargaan yang harus kami respon yaitu pertama “Anugerah Budaya” Dari Presiden RI dan yang kedua mendapatkan ‘Anugerah Kota Kreatif” dua tahun berturut-turut, untuk itu atas penghargaan tersebut kami jawab dengan dibangunnya Gedung Creativ Center yang hari jni akan diresmikan, hal tersebut sebagai jawaban atas komitmen dan kepedulian Pemerintah Kab.Majalengka kepada temen-teman ekonomi kreatif untuk segera mempersembahkan fasilitas yang nantinya akan menunjang segala proses aktivitas dalam dunia ekonomi kreatif dan juga seni.

“Kami persembahkan Gedung Creativ Center Majalengka jni untuk teman-teman komunitas dan juga masyarakat Majalengka secara luas, silahkan manfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya jangan sampai setelah dibangun tidak memberikan manfaat apa-apa, semoga juga dengan kehadiran fasilitas Gedung ini dapat menarik minat para wisatawan sehingga geliat Pariwisata di Kab.Majalengka dapat lebih berkembang pesat dan semakin menarik minat untuk berkunjung ke Majalengka.” Ucap Bupati.

Selain mempersembahkan Gedung Creativ Center, menindaklanjuti intruksi Presiden RI, hari ini pun akan dilaunching sebuah gerakan untuk mengajak kita untuk mencintai dan menggunakan Produk Lokal Majalengka, gerakan tersebut adalah “Gerbang Prima”, Gerbang Prima adalah Gerakan Bangga menggunakan Produk Majalengka, ini adalah sebuah komitmen bagaimana kita mencintai produk asli Majalengka dari kita oleh kita dan untuk kita, tentunya dengan gerakan ini akan mengungkit ekonomi kerakyatan di Kab.Majalengka.

“Untuk itu saya minta kepada Kepala OPD, mari kita mulai untuk menyemangati, menggelorakan, semangat membangun Gerbang Prima, dimulai dari aparatur Negara di Pemkab Majalengka hingga ke tingkat Desa mengajak untuk bangga menggunakan produk asli Majalengka,” Ucap Bupati.

“Tentunya keberhasilan ini berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak baik antara eksekutif, legislatif, unsur Forkopimda, dunia usaha dan masyarakat,serta adanya pelaksanaan pembangunan yang terararh dan terkoordinasi antara program pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat, capaian pembangunan ini tidaklah lain untuk masyarakat Majalengka,”Tandas Bupati.