Bupati Launching Inovasi “Gelora”, untuk Tingkatkan Literasi Membaca di Kab.Majalengka

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Tingkatkan literasi baca di Kab.Majalengka, Dinas Pendidikan Kab.Majalengka Launching Inovasi “Gelora” Gerakan Literasi Orang Majalengka, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., melaunching kegiatan tersebut, di Gedung Creativ Center Majalengka, Kamis Sore, (07/12/203).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Majalengka beserta jajarannya, Kepala Pusat Pengembangan Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemenristekdikbud RI, Kepala Dinas Arpusda Kab.Majalengka, Ketua PGRI Majalengka, Camat Majalengka, Para K3S,MKKS, Kepala Sekolah, para Guru dan Siswa, para komunitas pegiat Seni dan Budaya serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Majalengka, Dr. Hj. Lilis Yuliasih, M.PD., mengatakan bahwa kegiatan Launching Inovasi Gelora dapat terselenggara berkat kolaborasi secara pentahelix dimana literasi ini tidak hanya menjadi tanggung jawab unsur praktisi pendidikan saja namun menghubungkan Akademisi, praktisi/bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media untuk meciptakan ekosistem berdasarkan kreatifitas dan pengetahuan, sehingga kolaborasi ini dapat menghasilkan suatu karya dengan tujuannya yaitu meningkatkan Literasi di Kab.Majalengka, kegiatan ini juga dilatar belakangi oleh semakin mengakar dan menjalarnya literasi-literasi di Kab.Majalengka sehingga Majalengka dapat menjadi rumah bersama segenap warganya dalam pemajuan literasi.

“Berdasarkan rapot pendidikan Kab.Majalengka dalam hal Literasi membaca berada dalam level sedang, untuk itu diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan Literasi di Kab.Majalengka seperti halnya dengan inovasi Gelora ini diciptakan untuk meningkatkan Literasi sehingga kedepan dunia pendidikan, literasi serta kualitas SDM pendidikan akan lebih baik,”ujar Lilis.

“Kami juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada komunitas “Kirik Nguyuh” yang telah berpartisipasi dan mensuport dalam suksesnya inovasi Gelora ini, untuk meningkatkan Literasi membaca dalam inovasi Gelora ini komunitas Kirik Nguyuh telah menggelar berbagai kegiatan literasi diantaranya kelas menulis dan membaca, perlombaan menulis surat untuk Majalengka, pembacaan puisi, hal ini tentunya kolaborasi yang baik salah satunya dalam upaya memajukan dunia pendidikan di Kab.Majalengka,” tandasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Pusat Pengembangan Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemenristekdikbud RI, Dr. H. Abdul Haq, M.Hum., mengapresiasi inovasi Launching Gelora yang di gagas Disdik Kab.Majalengka, karena keberhasilan pemajuan literasi itu dapat terwujud diantaranya dengan kerjasama melibatkan semua unsur didalamnya.

“Saya menikmati betul sajian yang telah ditampilkan oleh siswa-siswi dalam kegiatan Gelora ini, ada yang membaca puisi, menulis puisi dan lainnya sungguh sangat berbakat dan perlu untuk dibina dan ditingkatkan, diperlukan juga pendampingan bagi anak-anak untuk tidak sekedar hanya membaca saja namun harus juga mempelajari referensi dari apa yang dibaca itu hal yang penting untuk dilakukan, mudah-mudahan inovasi Gelora ini dapat memberikan kemajuan literasi membaca sehingga Kab.Majalengka dapat terus konsisten dalam upaya memajukan dunia pendidikan salah satunya lewat literasi,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., menyambut baik dan mengapresiasi inovasi yang digagas Disdik Kab.Majalengka lewat “Gelora” ini dan berharap launching inovasi ini tidak hanya berupa ceremonial semata namun harus terus konsisten dalam upaya memajukan literasi membaca di Kab.Majalengka.

” Kegiatan ini tidak hanya sekedar bagaimana mengajarkan anak-anak didik menulis, membaca dan membuat puisi saja namun dituntut bagaimana mereka dapat merefleksikan nilai-nilai seni dan kognitif serta afektifnya dalam bentuk tulisan, tentunya diharapkan dengan gerakan literasi ini akan dapat menumbuhkembangkan minat baca di Kab.Majalengka sehingga indeks baca di Kab.Majalengka dapat terus meningkat,” ucap Bupati.

Bupati menambahkan, sebagai Kepala Daerah, pihaknya mempunyai kebijakan dalam upaya memajukan dunia pendidikan di Kab.Majalengka salah satunya mengenai literasi membaca, untuk itu Pemerintah Daerah Kab.Majalengka telah membuat aturan-aturan dimana disetiap tempat harus ada pojok baca, diruang publik harus ada perpustakaan, perkantoran, di Desa harus ada sudut baca, tak terkecuali juga di Pabrik-pabrik yang ada di Kab.Majalengka harus adanya perpustakaan, hal tersebut tentunya sebagai upaya dalam meningkatkan Literasi di Kab.Majalengka.