Bupati Hadiri Workshop Peningkatan Kapasitas Pengumpulan ZIS melalui Digitalisasi Fundarising

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab.Majalengka selenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Pengumpulan ZIS melalui Digitalisasi Fundraising serta penyerahan bantuan Rutihalu, bertempat di Aula Baznas Kab. Majalengka, Kamis (23/06/2022)

Turut menghadiri kegiatan tersebut, Sekda, Ketua Baznas Kab.Majalengka beserta jajaran komisaris, Ka Kemenag Kab.Majalengka, Ketua Baznas Prov.Jawa Barat yang diwakili oleh Wakil Ketua IV, serta para peserta Workshop dari wilayah 3 Cirebon.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Prov.Jabar yang diwakili oleh Wakil Ketua IV, H.Achamad Faisal,S.Pd., menyampaikan bahwa, kegiatan workshop yang digelar Baznas Kab.Majalengka patut di apresiasi, hal tersebut guna meningkatkan digital fundrising atau penghimpunan digital mengenai zakat,infaq dan sodaqoh. Dengan perkembangan saat ini yang serba digital menuntut kita semua harus siap dan menyesuaikan diri, begitupun dengan Baznas, pola pengumpulan ZIS dengan pola Digitalisasi Fundrising akan dapat lebih memudahkan dan dilakukan secara cepat dan efisien. Demi menunjang kelancaran program tersebut Baznas juga menjalin kolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi augmented reality (AR).

“Baznas merupakan bagian ataupun mitra Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan permasalahan sosial untuk itu keberadaan Baznas tidak dapat dipisahkan. Kami menyadari betul bahwa dunia digital terus mengalami perkembangan, maka dari itu Baznas terus berinovasi dan membuat terobosan dalam berbagai aspek digital, demi memberi kemudahan kepada donatur atau muzaki untuk beramal, berbagai kemudahan yang diberikan ini diharapkan dapat membuahkan hasil dengan peningkatan pengumpulan ZIS dari sektor digital,”ungkapnya

“Semoga kolaborasi yang telah terjalin dapat terus terjaga dengan baik. Baznas tentu menyambut dengan tangan terbuka bagi siapa saja yang ingin bersinergi dalam menebar kebaikan, demi mencapai tujuan mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat. Pasalnya, dalam mencapai tujuan itu, Baznas tentu membutuhkan sinergi dengan banyak pihak, agar kebaikan yang ditanam dapat berdampak luas dan dirasakan orang banyak,”Pungkasnya

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr.H. Karna Sobahi,M.M.Pd., mengatakan bahwa salah satu strategi yang terus dicari solusi dan inovasi dalam upaya mengungkit tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar zakat tentu selain pendekatan alamiah, tradisional dan kultural adalah dengan cara Digitalisasi Fundrising, sebuah meotde yang tentu melibatkan teknologi didalamnya sehingga masyarakat akan lebih mudah, cepat, aman dan terjamin dalam menunaikan zakat.

“Kehadiran Baznas di Kab.Majalengaka ini sangat luar biasa, dengan upaya-upayanya membantu masyarakat di Kab.Majalengka dalam berbagai segmen dan peristiwa, baik itu yang tertimpa bencana alam, perbaikan-perbaikan Rutilahu, serta bantuan sosial lainnya,oleh karena itu dengan hadirnya pola Digitalisasi Fundrising ZIS kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik, oleh karena itu kedepannya kami akan berupaya upaya untuk mengumpulkan para Kepala Desa dan MUI Desa untuk memberikan sosialisasi mengenai program-progam Baznas demi mengungkit peningkatan pengumpulan ZIS di Kab.Majalengka, sehingga nantinya dampak manfaat ZIS tersebut bisa dirasakan lebih luas oleh masyarakat di Kab.Majalengka,”Ungkap Bupati.