Bupati Buka Kegiatan Seminar Pendidikan Bertajuk “Transformasi Guru Dalam Kurikulum Merdeka”

| 0

Dalam rangka peringatan HUT PGRI Ke-78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 tingkat Kabupaten Majalengka, PGRI bersama Dinas Pendidikan Kab.Majalengka Selenggarakan Seminar Pendidikan bertajuk “Transformasi Guru dalam Kurikulum Merdeka”, kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Majalengka, di Gedung Islamic Center Majalengka, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan seminar ini diikuti oleh sekitar 900 orang guru di semua jenjang tingkatkan dari mulai TK, hingga SMA, dan diikuti oleh guru yang berstatus ASN PNS Maupun PPPK, dan dihadiri Ketua umum Pengurus Besar PGRI, Ketua PGRI beserta jajaran, Kepala Dinas Pendidikan, Dosen Pasca Sarjana Unswagati Cirebon, serta Para Pengurus PGRI Kab.Majalengka, para Kepala Sekolah serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Ketua PGRI Kab.Majalengka, H. Oyo Kartoyo, S.Pd., menyampaikan, kegiatan Seminar Pendidikan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PGRI yang ke-78 serta Hari Guru Nasional. Organisasi PGRI yang merupakan mitra Pemerintah Daerah khususnya di bidang pendidikan berkomitmen akan terus mendukung setiap program pemerintah baik pusat maupun daerah. Adapun tujuan Seminar Pendidikan ini yaitu untuk mensosialisasikan pengimplementasian Kurikulum Merdeka kepada seluruh Guru serta meningkatkan profesionalisme guru sebagai anggota PGRI yang memiliki kompetensi dan kreativitas serta inovasi yang tinggi.

“Adapun komitmen PGRI dalam mendukung kebijakan Pemerintah yaitu dengan salah satunya mendukung perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka, untuk itu melalui penyelenggaraan Seminar Pendidikan dengan mengambil tema “Transformasi Guru dalam Kurikulum Merdeka” Merupakan ajang sosialisasi bagi semua guru khususnya agar nanti dalam pengimplementasiannya dapat dilaksanakan dengan Optimal,” Ucap Oyo.

Masih dikatakan Oyo, PGRI Kab.Majalengka memandang perlu utnuk melaksanakan kegiatan seminar pendidikan ini, hal tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah mengenai pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan di seluruh Sekolah di Kab.Majalengka khususnya beberapa waktu yang akan datang.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., menyampaikan bahwa, memaknai peringatan HUT PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional tahun 2023, kami atas segenap unsur Pemerintah Daerah Kab.Majalengka mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Seminar Pendidikan yang diprakarsai oleh PGRI dan Disdik Kab.Majalengka, dengan menghadirkan orang-orang yang sangat penting, profesional, guru besar dan para ahli pada bidang pendidikan.

“Berbagai pendekatan dan strategi dalam rangka menjawab tuntutan kebutuhan kemajuan pendidikan harus terus dilakukan oleh karena itu Patut diapresiasi kegiatan Seminar Pendidikan dengan mendatangkan Guru besar yang akan memberikan cara-cara ataupun strategi baru bagaimana menjawab tuntutan dan kebutuhan dalam dunia Pendidikan saat ini,”ucap Bupati

“Transformasi guru dalam Kurikulum Merdeka ini hal yang wajib di pahami oleh setiap guru, oleh karena itu simak baik-baik materi yang akan diberikan oleh para Narasumber dan itu akan menjadi sumber pengetahuan dan ilmu baru bagi para Guru dalam rangka mengelola pembelajaran di kelas, saya berharap kegiatan hari ini dapat dilaksanakan dengan baik dalam rangka pengimplementasian program Kurikulum Merdeka,” Tutup Bupati.