Berantas Perederan Rokok Ilegal, Pemkab Majalengka Libatkan Peran Serta SATLINMAS

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar terus mengintensifkan pemberantasan rokok ilegal, kali ini sebanyak 100 Satuan Pelindung Masyarakat ( SATLINMAS) se-Kab.Majalengka mengikuti Sosialisasi pemberantasan rokok ilegal dengan tajuk “Gempur Rokok Ilegal Melalu Peran Serta SATLINMAS”, acara tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana, di Area Wisata Situ Cipanten Kecamatan Sindang, Rabu, (06/12/2023).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundangan-undangan Sat Pol-PP dan Damkar Kab.Majalengka, Mohamad Wahidin, S.Sos.,M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal yang melibatkan peran serta Satlinmas se-Kab.Majalengka dengan menghadirkan perwakilan sebanyak 100 orang dengan maksud dan tujuan sebagai sarana menjalin silaturahmi dengan anggota Satlinmas se-Kab.Majalengka, para anggota Satlinmas tersebut akan diberikan ilmu dan juga pemahaman tentang pencegahan dan pemberantasan peredaran rokok Ilegal oleh para Narasumber diantaranya dari Kejaksaan Negeri Majalengka dan Kantor Bea Cukai Cirebon.

“Adapun pembiayaan kegiatan Sosialisasi ini bersumber dari Dana DBHCHT melalui DPA Satpol-PP dan Damkar Kab.Majalengka Tahun Anggaran 2023 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021,” ujarnya.

Sementara itu dalam Kerangannya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kab.Majalengka, Rahmat Kartono, S.S.TP.,M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus memperkenalkan adanya aturan dan larangan sekaitan dengan masalah perederan rokok ilegal.

“Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal kali ini segmentasinya adalah Satgas Linmas, karena Linmas juga merupakan bagian dari binaan Satpol-PP, kami ingin Satlinmas menjadi agen ataupun media untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang larangan beredarnya rokok Ilegal di wilayah Kab.Majalengka, dengan Satgas Linmas sebagai garda terdepan dalam melindungi masyarakat diharapkan peran sertanya dapat membantu kami sebagai aparat penegak hukum dalam memberantas peredaran rokok Ilegal,” tegas Kasat Pol-PP dan Damkar Kab.Majalengka.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D.Mardiana, mengapresiasi kegiatan sosialisasi pemberantasan rokok Ilegal dengan tajuk “Gempur Rokok Ilegal Melalui Peran Serta SATLINMAS”. Kegiatan Sosialisasi yang digelar dengan konsep outdoor dengan memilih tempat wisata Situ Cipanten yang merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kab.Majalengka, ini merupakan ide gagasan yang sangat luar biasa, hal ini juga merupakan bagian dari promosi wisata sekaligus agar lebih mudah dalam menyerap informasi yang diberikan karena situasi yang dihadirkan begitu fresh.

“Pemkab Majalengka terus berupaya untuk mencegah peredaran rokok Ilegal di Kab.Majalengka salah satunya mengikut sertakan peran serta LINMAS dalam memberantas peredaran rokok ilegal yang beredar di masyarakat, hal ini dipandang sangat penting untuk dilakukan karena sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku karena peredaran rokok tanpa cukai tersebut sangat merugikan Pemerintah,”ucapnya.

Masih dikatakan Wabup, kerugian Negara atas peredaran rokok Ilegal ini cukup besar, Karena sesungguhnya perusahaan rokok itu harus terdaftar dan tercatat resmi di Bea Cukai dan produk tersebut harus memiliki pita cukai, karena salah satu sumber pendapatan Negara berasal dari Pajak Cukai Rokok. Selain merugikan Negara peredaran rokok Ilegal tersebut dapat membahayakan kesehatan masyarakat karena tidak sesuai standar yang ditetapkan Pemerintah.

“Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan Satlinmas akan mendapatkan pengetahuan tentang tata cara bagaimana memberantas peredaran rokok Ilegal, dari mulai peraturan yang mengatur tentang rokok Ilegal, mendeteksi bentuk rokok ilegal, sampai dengan tata cara bagaimana melaporkan apabila terdapat perederan rokok Ilegal dimasyarakat, sehingga peran serta penegak hukum akan terbantu dalam memberantas peredaran rokok Ilegal dengan melibatkan peran LINMAS didalamnya sebagai aparat dalam melindungi masyarakat dari bahayanya rokok Ilegal,” tandas Wakil Bupati.

Turut serta menghadiri kegiatan sosialisasi Gempur Rokok Ilegal Melalui Peran Serta LINMAS yakni, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kab.Majalengka serta jajaran, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab.Majalengka, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Kab.Majalengka, Kepala Kesbangpol Kab.Majalengka, Kepala Bappenda Kab.Majalengka, Kepala BKAD Kab.Majalengka, unsur Forkopimcam Sindang, Perwakilan Kantor Bea Cukai Cirebon, Perwakilan Kejaksaan Negeri Majalengka.