9.472 Anak TK Se-Kab.Majalengka Ikuti Peragaan Manasik Haji

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Dinas Pendidikan Kab.Majalengka melalui Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) tingkat Kab.Majalengka selenggarakan Pengenalan Manasik Haji melalui program Peragaan Manasik Haji bagi Anak TK se-Kab.Majalengka, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., di Lapangan GGM, Selasa (03/10/2023).

Sebanyak 9.472 anak didik TK dari 395 lembaga TK se-Kab.Majalengka yang dibagi dua kloter mengikuti program Peragaan Manasik Haji tingkat Taman Kanak-kanak.

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Majalengka, Ketua PGRI Kab.Majalengka, Ketua IGTKI, IGRA, Himpaudi Kab.Majalengka, para Asisten, Staf Ahli Bupati, dan unsur Forkopimda atau yang mewakili, para Camat, serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Majalengka, Dr. Hj. Lilis Yuliasih, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan pengenalan Manasik Haji merupakan upaya dalam menanamkan kecintaan nilai-nilai Agama kepada anak-anak TK sejak usia dini, selain itu juga sebagai implementasi dari program Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh Kemendikbubristek. Kegiatan pengenalan Manasik Haji bagi Anak TK se-Kab.Majalengka tahun 2023 ini mengusung tema “Melalui Peragaan Manasik Haji TK, Kita Tanamkan Kecintaan Nilai-Nilai Agama Sejak Dini”.

“Kegiatan Manasik Haji TK ini digelar dalam dua gelombang, yakni di tanggal 3 dan 4 Oktober 2023 dan diikuti oleh lembaga TK di 26 Kecamatan se-Kab.Majalengka,untuk dihari ini tanggal 3 Oktober diikuti sejumlah 177 lembaga TK dari 13 Kecamatan dengan jumlah anak didik TK sebanyak 4.025 anak, dan di gelombang kedua yakni besok 4 Oktober diikuti sejumlah 218 lembaga dari 13 Kecamatan dengan jumlah anak didik TK sebanyak 5.447 anak, jadi jumlah total keseluruhan sebanyak 9.472 anak didik TK dari 395 lembaga TK mengikuti Peragaan Manasik Haji tingkat TK se-Kab.Majalengka tahun 2023,” Ucap Kadisdik.

“Kegiatan Manasik bagi Anak TK digelar untuk memberikan pengalaman dan juga edukasi tata cara Manasik Haji kepada peserta didik TK dan juga sebagai upaya menanamkan kecintaan nilai-nilai Agama terhadap rukun islam yang ke-5  yaitu menjalankan Ibadah Haji ke Baitullah sejak usia Dini,”ucapnya.

“Sehingga melalui kegiatan ini anak bisa mengenal, mencermati dan memaknai sehingga anak itu bisa melaksanakan tugas kewajibannya sebagai peserta didik dan menjadi peserta didik yang berdaya saing dan unggul serta dilandasi pendidikan karakter keimanan dan ketaqwaan,”pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pengenalan Manasik Haji lewat Peragaan Manasik Haji kepada Anak-anak TK yang diikuti oleh peserta didik dari 26 Kecamatan se-Kab.Majalengka, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan latihan dasar kepada anak-anak TK bagaimana tata cara peragaan Manasik Haji itu dijalankan sekaligus bisa membentuk karakter moral siswa dalam memahami rukun Islam yang kelima sehingga kedepannya anak-anak mempunyai cita-cita untuk dapat melaksanakan ibadah Haji.

“Usia TK ini merupakan Usia emas yang dimana efektivitas pendidikannya dilakukan dengan cara peragaan-peragaan  dan praktek langsung agar siswa lebih bisa memahami dan mengimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari,” Pungkas Bupati.