Pemda Kabupaten Majalengka Kembali Raih Penghargaan dari MenPAN-RB Dalam Tata Kelola Pemerintahan

| 0

MAJALENGKAKAB.GO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Majalengka, Dedi Supandi, berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2024. 

Acara ini diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rabu (2/10/2024). 

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi langsung menerima penghargaan tersebut didampingi bersama Pj. Sekda , Kepala Bapedalitbang, Inspektur dan Kabag Organisasi Setda Majalengka.

Dedi Supandi mengungkapkan rasa syukur dan harapannya agar penghargaan ini dapat memacu kinerja aparatur pemerintah di Kabupaten Majalengka.

Dedi Supandi menjelaskan bahwa SAKIP Award 2024 merupakan ajang penghargaan tata kelola pemerintahan  bagi instansi pemerintah yang telah menunjukkan kinerja akuntabilitas terbaik.

Sakip terdiri atas 4 komponen : Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Internal

Evaluasi akuntabilitas kinerja ini dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006, Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014, dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 88 Tahun 20211.

“Alhamdulillah, tahun 2024 Kabupaten Majalengka meraih penghargaan SAKIP Award 2024 dengan nilai BB atau sangat baik, berdasarkan pada penilaian MenpanRB ,” jelas Dedi.

Melalui evaluasi AKIP oleh Kementerian PANRB diharapkan dapat meningkatkan implementasi SAKIP, sehingga kinerja instansi pemerintah menjadi lebih tepat sasaran dan berorientasi pada hasil (result oriented government).

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setda Majalangka , Melati Pujilestari, S.STP, M.Si, menambahkan bahwa dengan kolaborasi tim pengampu SAKIP yang terdiri dari unsur Perencanaan dan Pengukuran (Bappedalitbang), Pelaporan Kinerja (Bag Organisasi Setda), Evaluasi Internal (Inspektorat) dengan bimbingan dari Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat dan juga pendampingan dari Kementerian PAN RB, serta komitmen  Pj Bupati di tahun 2024 ini Kabupaten Majalengka bisa naik peringkat dari sebelumnya selama 3 tahun memperoleh predikat B (Baik) , pada Tahun 2024 ini bisa berhasil mendapatkan predikat BB (Sangat Baik). Dan Kabupaten Majalengka merupakan satu-satunya yang lolos naik peringkat di Jawa Barat dari B ke BB.