Perwakilan 18 Provinsi Hadiri Festival Destika Nasional

MAJALENGKAKAB.GO.ID. -Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diselenggarakan di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka pada 26-27 September dihadiri oleh perwakilan dari 18 Provinsi.

Hal tersebut dikatakan Direktur Informasi Teknologi Komunikasi Kemenkominfo Septriana Tangkary saat pembukaan Festival Destika di Desa Tanjungsari Kec. Sukahaji, Jumat (26/9).

Menurutnya Festival TIK yang digelar oleh Kementerian Kominfo, bekerja sama dengan Relawan TIK kabupaten Majalengka akan menggelar berbagai kegiatan mulai dari pameran, workshop dan lokakarya dan temu pegiat TIK dari berbagai kota di Indonesia.

Tangkary berharap Festival Desa TIK memberikan motivasi pada desa-desa yang saat ini memulai penggunaan sarana TIK sebagai salah satu bentuk pelayanan dalam hal transparansi pembangunan desa.

"Sebagai wadah desa untuk mempromosikan potensi lokal dan menggali ide serta inovasi pemanfaatan TIK dari desa lainnya," ungkapnya.
  
Diakui Tangkary pula, bahwa memang wawasan masyarakat desa tentang TIK masih sangat minim sehingga membutuhkan sosialisasi penggunaan internet lebih bermanfaat.

"Sehingga bisa meningkatkan sinergitas tentang visi gerakan desa membangun melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi antara pemerintahan desa, relawan TIK dan pemerintah Kabupaten," ungkapnya.
Selain itu menurutnya

Festival Desa TIK akan diisi berbagai kegiatan yang menarik tentang dunia TIK. Salah satu acara adalah Pemberdayaan Desa Melalui TIK.

"Bagaimana tentang aplikasi TIK di desa, pengalaman menggunakan akses internet untuk bererita tentang potensi desa dan kehidupan masyarakat desa melalui portal atau website yang dikelola oleh desa," jelasnya.

Dirjen Aplikasi Informasi Teknologi Kemenkominfo Bambang Heru Cahyono mengatakan Festival Desa TIK  akan sangat bermanfaat bagi masyarakat desa untuk mendapatkan pengalaman baru tentang dunia TIK pedesaan dan mendapat wawasan bagaimana pengelolaan internet di desa,   bagaimana tentang peran masyarakat dalam mendapatkan informasi.

"Sehingga nanti desa bisa mengenalkan seluruh potensinya secara luas ke dunia luar melalui internet dan bisa mengakses infromasi dan tidak ketinggalan informasi, sehingga bisa berkembang," tandasnya.

Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE, M.Si
Mengatakan pihaknya sangat mendukung Festival Destika membangun desa Destika untuk kita semua menuju desa yang maju dan makmur sesuai visi Maju, Aman , Kondusif, Unggul dan Religius.

"Dengan berkembanganya infrastruktur dan perkembangan teknologi informasi, desa-desa di Majalengka akan terekspos ke dunia luar sehingga menarik minat investor apalagi akan dibangun Bandara Internasional di Kertajati dan akses jalan tol," tukasnya.

Selain itu Bupati berharap dengan Festival Desa TIK terjadi terjalinnya komunikasi yang lebih harmonis antara penggerak desa, pemerintah kabupaten dan relawan TIK.

"Memahami konsep pemanfaatan TIK sebagai suatu kompnen penting dalam mobilisasi informasi, pengawasan eksternal dan evaluasi eksekutif di desa serta tumbuhnya ide baru pemanfaatan TIK sebagai salah satu penggerak pertumbuhan desa," jelasnya.