Artikel

Bursa Kerja dan Pelatihan Kilat Diminati Pengunjung

MAJALENGKAKAB.GO.ID.- Bursa kerja dan pelatihan kilat yang diselenggarakan oleh Disnaketrans Pemprov Jawa Barat bekerjasama dengan Dinsosnaketrans Pemkab Majalengka di Gelanggang Generasi Muda (GGM) kabupaten Majalengka, di hari pertama Senin (16/6) mendapat sambutan antusias dari pengunjung.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Majalengka Drs. H. Eman Suherman, MM mengatakan bursa kerja akan berlangsung selama tiga hari dari 16-18 Juni 2014 dengan tersedia kurang lebih 5000 lowongan kerja dari 50 perusahaan lebih.

"Perusahaan yang mengikuti bursa kerja diantaranya di bidang industri makanan dan minuman, industri tekstil dan garmen, jasa perbankan, jasa asuransi, retail dan lain-lain," ujarnya.

Untuk mengikuti bursa kerja, menurutnya pengunjung cukup membawa persyaratan lamaran kerja seperti daftar riwayat hidup, surat lamaran kerja, surat keterangan kelakuan baik, Kartu AK-1 atau kartu kuning, ijazah, dan pas photo.

"Bursa kerja dan pelatihan kilat ini gratis tidak dipungut biaya," jelasnya.

Selain itu menurutnya diselenggarakan juga pelatihan kilat gratis dari 12 kejuruan yaitu menjahit, service sepeda motor, service HP, tata rias wajah, tata rias rambut, sulam tangan, pengolahan hasil pangan, daur ulang limbah sampah, daur ulang limbah plastik, hantaran, tata boga dan pastry.

Sementara Wakil Ketua Umum Bidang TIK Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Majalengka Herry Supriyadi, ST mengatakan program tersebut harus rutin dilaksanakan dan dengan waktu kegiatan yg lebih panjang lagi karena dengan semakin terbukanya lapangan kerja di Majalengka dengan semboyan makmurnya sudah seharusnya masyarakat majalengka sendirilah yang pertama turut merasakan kemajuan pembangunan di kabupaten Majalengka tersebut.

"Selain itu,harus didukung pula oleh pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) agar terlaksananya keterbukaan informasi terutama memudahkan para pencari kerja mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja dan memberikan referensi-referensi tentang pelatihan .Komunikasi antara pemangku kebijakan dengan para pengusaha/investor  melalui KADIN  harus erat terjalin dengan baik dan berkelanjutan," tandasnya.