0123456

Bupati Buka Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Majalengka

MAJALENGKAKAB.GO.ID Rendahnya konsumsi ikan di tingkat rumah tangga menumbuhkan rasa keprihatinan dan keinginan TP PKK Kabupaten Majalengka untuk melakukan sosialisasi pentingnya makan ikan untuk meningkatkan status gizi keluarga melalui Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2015 yang diselenggarakan di Gedung SKB, Senin (10/8).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Majalengka, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Majalengka, pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Majalengka, para Juri serta para peserta lomba dan undangan lainnya.
Dalam s ambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Majalengka, Hj. Imas Indrawati Sutrisno, SE., mengatakan bahwa peningkatan gizi keluarga sangatlah penting. Upaya peningkatan gizi keluarga dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu di antaranya dengan membudayakan gemar makan ikan.
Melalui kegiatan Lomba Masak Serba Ikan ini Ketua TP PKK Kabupaten berharap dapat merangsang minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru sehingga diharapkan mampu meningkatkan minat untuk mengkonsumsi ikan.
Hj. Imas mengajak kepada yang hadir untuk membiasakan makan ikan. Selain memiliki kandungan gizi tinggi, seperti protein, mineral, asam amino, dan Omega 3 yang dapat menyembuhkan penyakit depresi serta gejala hipertensi pada anak, hingga saat ini ikan mudah diperolehnya, dan harganya terjangkau.
Kepada para peserta lomba, Hj. Imas berharap agar mereka turut aktif mengembangkan dan mensosialisasikan semua masakan hasil lomba dan berharap juga dapat bernilai ekonomi serta mendorong masak ikan menjadi budaya keluarga, sehingga tercipta generasi yang sehat dan cerdas.
Sementara itu Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE., M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan beberapa tahun silam telah mencanangkan program gerakan memasyarakatkan makan ikan yang lebih kita kenal dengan singkatan Gemarikan.
Ikan sebagai salah satu sumber gizi sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing dapat meningkatkan kualitas kesehatan kita.
Menurut Bupati, Lomba Masak Serba Ikan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan tujuan yang hendak dicapai dalam program gerakan memasyarakatkan makan ikan. Kegiatan ini juga tujuan utamanya bukan untuk menentukan siapa juaranya, akan tetapi diharapkan merupakan salah satu upaya yang mampu mengakselerasi pencapaian tujuan program gerakan memasyarakatkan makan ikan agar ke depan kualitas sumber daya manusia kita senantiasa terus meningkat.
Menutup sambutannya Bupati mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta sekaligus membuka acara lomba secara resmi.