0123456

Bupati Mengingatkan Pentingnya Kesejahteraan Keluarga

MAJALENGKAKAB.GO.ID Berbagai kegiatan lomba, baik olah raga maupun keterampilan antar Tim Penggerak PKK Kecamatan telah dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Kabupaten, dan sebagai puncak acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Kabupaten Majalengka diselenggarakan di Graha Sindangkasih, Rabu (11/3).

Hadir pada puncak acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Kabupaten Majalengka, Bupati Majalengka, Ketua DPRD, unsur Muspida, Ketua Pengadilan Negeri, Komandan Yonif 321/Galuh Taruna, Komandan Lanud S. Sukani, para Camat, jajaran TP PKK, Ketua GOW beserta para ketua organisasi wanita se-Kabupaten Majalengka, serta pada undangan lainnya.
Dalam sambutannya Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE., M.Si., mengatakan bahwa dengan memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 Tingkat Kabupaten Majalengka diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kesadaran kader TP PKK dan Kader PKK serta masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program-program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK.
Menurut Bupati, momentum Hari Kesatuan Gerak PKK ini dapat dijadikan kesempatan untuk introspeksi dan retrospeksi program-program dan kebijakan TP PKK dan kader PKK, khususnya dalam upaya gerakan PKK memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.
“Hal ini sangat penting, mengingat keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Majalengka, Jawa Barat, dan Indonesia yang sejahtera,” tutur Bupati.
Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa visi Gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga sejahtera untuk menuju masyarakat madani, yaitu masyarakat yang maju, mandiri, demokratif, partisipatif, dan sadar hukum.
Untuk mewujudkan visi tersebut, harus ada upaya pemberdayaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat akan terwujud manakala ada upaya untuk memberdayakan keluarga, yang dapat diupayakan melalui fasilitasi non instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pemberdayaan keluarga yang hasilnya akan menciptakan kemandirian keluarga.
Bupati juga mengharapkan agar momentum Hari Kesatuan Gerak PKK tersebut tidak hanya kegiatan seremonial semata, tetapi harus menjadi wujud kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat, khususnya seluruh kader PKK dalam upaya meningkatkan taraf hidup yang lebih sejahtera.
“Kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat sangatlah penting, lebih-lebih ketika kita dihadapkan dengan upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di tengah iklim kompetisi global yang kian ketat,” tuturnya.
Di akhir sambutannya, Bupati mengajak kader TP PKK dan kader PKK untuk mengedepankan peranan dan fungsinya guna mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju, dan mandiri seraya mengingatkan kepada para kepala OPD agar dapat memfasilitasi dan mendorong tugas-tugas dan peranan PKK melalui program/kegiatan peningkatan kesejahteraan keluarga maupun kesejahteraan masyarakat sebagai wujud kemitraan antara pemerintah dengan PKK.