Pemkab Majalengka Laksanakan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

MAJALENGKAKAB.GO.ID  Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam hal ini Kantor Kesbangpol  Kabupaten Majalengka bersama TNI menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2016 di Alun-alun Majalengka, Sabtu (1/10).

               

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri Wakil Bupati Majalengka, yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara, unsur Forkominda, Sekretaris Daerah, para Asisten Bupati, kepala OPD, Camat, pejabat di lingkungan Pemkab Majalengka, Dharma Wanita, veteran, organisasi kemasyarakatan, pramuka, dan undangan lainnya.

                Sedangkan peserta upacara terdiri dari unsur pasukan dari Kodim 0617 Majalengka, Lanud Sugiri Sukani, Batalyon Raider 321 Galuh Taruna, Kepolisian, Satpol PP, Dishubkominfo, Korpri, Linmas, ormas, LSM, pramuka dan pelajar.

                Upacara yang tidak disertai penyampaian sambutan dari Inspektur Upacara, diisi dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Pembukaan UUD 1945 oleh petugas, dan pembacaan Ikrar, serta serangkaian upacara militer lainnya dan diiringi musik pengiring upacara dari Korps Musik SMK Korpri Majalengka.

                Ikrar yang dibacakan pada intinya berisi mengenai kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

                Adapun yang menjadi dasar ikrar tersebut adalah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, adanya kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara, serta  bukti bahwa semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.