Pemkab Majalengka Selenggarakan Peringatan Hari Pramuka Ke-55 Tahun 2016

MAJALENGKAKAB.GO.ID Dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-55 Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam hal ini Dinas Pendidikan menyelenggarakan Upacara Hari Pramuka Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2016 di Alun-alun Majalengka, Kamis (29/9).

               

Upacara yang sedianya dihadiri Bupati Majalengka selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka yang sekaligus akan bertindak sebagai Pembina Upacara, dihadiri Wakil Bupati Majalengka dan Ketua DPRD Kabupaten Majalengka selaku Wakil Ketua Mabicab,  unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Komandan Batalyon 321 Galuh Taruna, Komandan Lanud S. Sukani, Ketua Pengadilan Negeri selaku Anggota Mabicab, Sekretaris Daerah selaku Sekretaris Mabicab, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Daerah serta para Kepala OPD, para Kepala Bagian di lingkungan Setda Kabupaten Majalengka, para pimpinan BUMN/BUMD selaku Anggota Mabicab.

                Hadir pula para pimpinan organisasi profesi, wanita, pemuda, kemasyarakatan se-Kabupaten Majalengka, Kakak-kakak Andalan Cabang, Pimpinan Saka Tingkat Cabang, Jajaran Pusdiklatcab Kabupaten Majalengka, para Camat, Kapolsek, dan Danramil selaku Ketua dan Anggota Mabiran, para Kepala UPTD Pendidikan dan UPTD Puskesmas se-Kabupaten Majalengka selaku Anggota Mabiran, Kakak-Kakak Ketua Kwarran, Kepala Sekolah selaku Mabigus dan Andalan Ranting se-Kabupaten Majalengka, para pembina, pamong, dan instruktur Gerakan Pramuka, serta Adik-adik Pramuka Siaga, Penggalang Penegak dan Penggalang Pandega sebagai peserta upacara.

                Upacara peringatan diawali dengan penampilan Drum band Cantika dari Pangkalan SD Negeri Majalengka Wetan 4 yang membawakan beberapa lagu termasuk tembang Pasundan disertai dengan konfigurasi yang menarik untuk ukuran anak sekolah dasar.

                Usai penampilan drum band Cantika, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka Drs. H. Iman Pramudya Subagja, MM., memberikan laporan mengenai kegiatan kepramukaan di Kabupaten Majalengka kepada Bupati Majalengka yang diwakili Wakil Bupati Majalengka selaku Wakil Ketua Mabicab.

                Dalam laporannya, Ketua Kwarcab mengatakan bahwa upacara peringatan hari pramuka tingkat Kabupaten Majalengka tidak dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang semestinya. Hal tersebut disebabkan karena pada tanggal 14 Agustus 2016 dilaksanakan Jambore Nasional Pramuka dan Peringatan Hari Pramuka ke-55 Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta yang diikuti seluruh Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab. Bahkan peringatan Hari Pramuka untuk tingkat provinsi sekalipun, baru akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2016 yang akan datang di Purwakarta.

                Lebih lanjut Ketua Kwarcab mengemukakan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan pengurus Kwarcab Majalengka, di antaranya, mengirimkan peserta Jambore Nasional X pada bulan Agustus lalu sebanyak 40 orang, Giat Sawala Pramuka Penegak dan Pandega Tingka Cabang Majalengka pada tanggal 13 September lalu yang diikuti 650 orang peserta di gedung SKB Majalengka, mengirimkan 2 orang pramuka penggalang sebagai kontingen Kwarda Jawa Barat pada kegiatan Kemah Budaya Nasional yang berlangsung di Kepulauan Bangka Belitung tanggal 19 s.d. 23 September 2016, serta Karang Pamitran Tingkat Cabang yang diikuti 1000 orang pembina dari pangkalan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Majalengka yang baru saja dilaksanakan.

                Ketua Kwarcab juga melaporkan, bahwa untuk meningkatkan kemampuan para pembina pramuka, Kwarcab Majalengka juga telah melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar di Kwarran Bantarujeg, KMD Instruktur/Pamong Saka Bhakti Husada Dinas Kesehatan, KMD Kwarran Jatiwangi,   KMD bagi kepala SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Majalengka, KMD Kwarran Leuwimunding,  serta pengiriman peserta KMD 40 orang, KPD 2 orang serta KPL 2 orang di tingkat Kwarda Jawa Barat.

                Sebelum mengakhiri laporannya, Ketua Kwarcab mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-55 Tahun 2016 bagi segenap Jajaran dan Keluarga Besar Gerakan Pramuka seraya mengatakan, “Semoga peringatan Hari Pramuka Tahun 2016 dapat memotivasi semangat dan mempererat konsoslidasi organisasi gerakan pramuka di semua jajaran,” tuturnya.

                Usai penyampaian laporan Ketua Kwarcab, upacara dilanjutkan dengan penyampaian pernyataan sikap para Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala UPTD Pendidikan, Kepala UPTD Puskesmas dan Ketua Kwarran Gerakan Pramuka se-Kabupaten Majalengka yang siap bekerjasama meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Majalengka.

                Selanjutnya, Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE., M.Si., selaku Ketua Mabicab yang diwakili Wakil Bupati Majalengka Drs. Karna Sobahi, M.M.Pd. selaku Wakil Ketua Mabicab menyampaikan dan mengawali sambutannya dengan mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-55 Tahun 2016 bagi segenap Jajaran dan Keluarga Besar Gerakan Pramuka di Kabupaten Majalengka.

                Menurut Ketua Mabicab, pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kini dan ke depan, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas. Sejalan dengan hal tersebut, terbitnya UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang mengharapkan agar kaum muda Indonesia memiliki karakter yang kuat dan siap menjadi pemimpin bangsa  Indonesia yang lebih baik.

                Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal, akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah. Karena dengan pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter.

                Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua Mabicab menyampaikan selamat, terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas jasa-jasa, pengabdian, dan kerjasama selama ini dalam meningkatkan aktivitas gerakan pramuka.

“Semoga penghargaan yang telah diterima dapat memacu dan mendorong kakak-kakak untuk dapat lebih eksis lagi dalam mewujudkan pembangunan dan pengembangan masyarakat Majalengka yang Maju, Aman, Kondusif, Mandiri, Unggul, dan Religius,” tuturnya.