Pemkab Majalengka Adakan Sambung Rasa dengan Warga

MAJALENGKAKAB.GO.ID Dalam rangka menjelaskan mengenai kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Majalengka serta upaya menyerap aspirasi warga Kabupaten Majalengka, Pemerintah Kabupaten Majalengka menyelenggarakan kegiatan Sambung Rasa bertempat di lokasi wisata Curug Cipeuteuy Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi, Rabu (7/9).

               

Kegiatan Sambung Rasa yang bertema Melalui Sambung Rasa Kita Wujudkan Masyarakat Sadar Wisata Dalam Upaya Menyongsong Visit Wisata Majalengka akan disiarkan di RRI Pro III Cirebon dihadiri Bupati Majalengka, Ketua DPRD, Kapolres, Forkominda, Staf Ahli, Sekretaris Daerah, para asisten daerah, Kepala OPD, Camat, perwakilan TNGC, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Kelompok Pengelola Wisata, BUMD, Perbankan, TP PKK, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka serta undangan lainnya.

                Dalam pemaparannya Bupati Majalengka, H. Sutrisno, SE., M.Si., mengatakan bahwa Kabupaten Majalengka secara geografis diapit oleh tiga gunung. Di bagian timur ada gunung Ciremai, di bagian barat gunung Cakrabuana (Sumedang) dan di bagian selatan gunung Bitung (Ciamis).

                Menurut Bupati, selama ini di Kabupaten Majalengka bagian selatan memiliki potensi wisata alam yang sudah dikenal seperti  Bukit Paralayang di Sidamukti, Taman Nasional Gunung Ciremai, Terasering Panyaweuyan, Bukit Sawiyah, grand canon, Situ, Curug, Telaga dan lainnya. Dengan  potensi alam yang sudah dimiliki, Bupati menghimbau agar warga Majalengka tidak usah pergi jauh-jauh sampai ke Eropa untuk melihat hal-hal seperti itu, “Cukup di Majalengka saja”, tutur Bupati.

                Selanjutnya, mengingat di Majalengka bagian selatan sudah tersedia potensi wisata alamnya, maka Pemerintah Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan Perhutani  akan membangun tempat wisata di wilayah utara. Rencananya akan dibangun area wanawisata yang luas di Desa Sabandar Kecamatan Kertajati. “Upaya tersebut dilakukan dalam menyongsong Visit Wisata Majalengka,” tutur Bupati.

                Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa perkembangan pariwisata di suatu daerah tergantung pada dua hal, yaitu adanya obyek wisata dan adanya daya tarik wisata. Dua hal tersebut harus saling mendukung agar industri pariwisatanya berkembang baik.

                Kabupaten Majalengka memiliki banyak obyek wisata yang cukup menarik, namun yang masih perlu diupayakan adalah pengembangan atau meningkatkan daya tarik wisatanya. Sebagai warga Majalengka, kita harus dapat membuat nyaman para wisatawan  yang datang ke Majalengka.

                Secara khusus Bupati meminta kepada dinas terkait agar memikirkan jalan alternatif sebagai  upaya memaksimalkan potensi wisata Curug Cipeuteuy agar memberi kemudahan akses masuk dan akses keluar bagi wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut.