Pemkab Majalengka Selenggarakan Peringatan Hari Koperasi Tingkat Kabupaten

MAJALENGKAKAB.GO.ID  Peringatan Hari Koperasi Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2016 diselenggarakan secara sederhana bersamaan dengan Apel Senin pagi yang diselenggarakan di Lapangan Setda Kabupaten Majalengka, Senin (5/9).

               

Karena dilaksanakan bersamaan dengan Apel Senin pagi, Upacara Hari Koperasi Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2016 yang dipimpin Bupati Majalengka juga diikuti para peserta dari dinas/instansi lain di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, pejabat eselon III dan IV, fungsional umum/khusus serta menghadirkan pengelola koperasi  dari berbagai institusi koperasi yang ada di Kabupaten Majalengka.

                Dalam laporannya, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Drs. H. Rieswan Graha, M.M.Pd.,              mengatakan bahwa peringatan Hari Koperasi ke-69 di Kabupaten Majalengka pada tahun 2016 baru bisa dilaksanakan pada tanggal 5 September 2016 dikarenakan menunggu peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional dan Provinsi terlebih dahulu.

                Menurut Graha, tema peringatan tahun ini yakni koperasi wujud dari badan usaha milik rakyat. Tema tersebut memiliki 3 tujuan khusus, yaitu untuk memberikan makna kepada masyarakat tentang arti penting koperasi sebagai dasar kekuatan ekonomi rakyat, menghidupkan kembali nilai-nilai dan jati diri koperasi guna mewujudkan tugas yang mulia yaitu dapat mengentaskan kemiskinan, dan sebagai momentum  bagi gerakan koperasi dalam menghadapi globalisasi ekonomi, yang harus memiliki kekuatan dan daya saing.

                Pada kesempatan tersebut, Graha menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka, khususnya kepada Bupati Majalengka yang telah memberikan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan Hari Koperasi ke-69.

“Ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Majalengka sangat konsisten mendorong perekonomian rakyat menjadi salah satu program yang menyentuh langsung kepada rakyat dan menunjukkan bahwa kebersamaan pemerintah dengan rakyat adalah kekuatan yang tidak bisa dikalahkan oleh apa pun,” tuturnya.

                Graha juga melaporkan bahwa pada peringatan Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016 tingkat Nasional di Provinsi Jambi pada tanggal 21 Juli 2016, Kabupaten Majalengka mendapat dua penghargaan.  Pertama diraih  Bapak Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., sebagai Wakil Bupati Majalengka yang memperoleh Satyalancana Pembangunan Koperasi dan UKM dari Presiden Republik Indonesia; dan yang kedua diraih Primkoppol Resor Majalengka yang menerima Tanda Penghargaan Koperasi Berprestasi Jenis Usaha Koperasi Konsumsi dari Menteri Koperasi dan UKM.

                Sedangkan pada peringatan Hari Koperasi Tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2016 di Kota Bekasi, Kabupaten Majalengka  meraih penghargaan Cerdas Cermat Koperasi Tingkat SLTA se-Provinsi Jawa Barat dengan meraih Juara II yang diwakili SMK Perbankan Al Mizan Jatiwangi.

                Mengakhiri laporannya Kepala Dinas KUKMPERINDAG mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan bantuannya dalam turut menyukseskan kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke-69 Tingkat Kabupaten Majalengka.

                Sementara itu Menteri Koperasi Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE., M.Si., mengawali sambutannya dengan meyampaikan ucapan Selamat Hari Koperasi ke-69 kepada para pembina, pengurus, pengelola, dan seluruh anggota koperasi di mana pun berada.

                Menurut Menteri, di usia koperasi yang 69 tahun ini, banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya. Namun di sisi lain, masih banyak pula koperasi yang belum berhasil, memiliki permasalahan intern, kesulitan permodalan, maupun persoalan organisasi lainnya.

“Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi, untuk mewujudkan amanat dalam UUD 1945 Pasal 33, yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah koperasi,” tutur Menteri.

                Untuk memajukan koperasi, Kementerian Koperasi dan UKM menempuh Reformasi Total Koperasi, berupa langkah terencana, konsepsional dan berkesinambungan untuk mewujudkan kemandirian koperasi. Langkah tersebut meliputi langkah rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan.

                Mengakhiri sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM mengajak seluruh stakeholder koperasi untuk berpartisipasi dalam reformasi total koperasi.

“Melalui kesempatan memperingati Hari Koperasi yang ke-69 ini, Saya mengajak para pembina, pengurus, pengelola, seluruh anggota koperasi untuk berpartisipasi dalam reformasi total koperasi sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing,” ajak Menteri.