Bupati Majalengka Lepas Kontingen dan Petugas Upacara Jambore Nasional X Tahun 2016

MAJALENGKAKAB.GO.ID Kabupaten Majalengka mendapat kehormatan mengirimkan lima orang putera-puteri terbaiknya menjadi petugas upacara pada pembukaan Jambore Nasional X Tahun 2016 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Demikian disampaikan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka pada Acara Penglepasan Peserta Kontingen Cabang dan Petugas Upacara Pembukaan Jambore Nasional X Tahun 2016 di Gedung Yudhakarya Abdi Negara, Rabu (10/8).

               

Pada acara tersebut, tampak hadir Ketua DPRD beserta jajaran Forum Komunikasi Pemerintah Daearah selaku Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka, Wakil Bupati, Komandan Batalion  Infanteri 321 Galuh Taruna, Dan Lanud S. Sukani, Sekretaris Daerah beserta para kepala OPD, para Camat, para Kepala UPTD Pendidikan, Ketua Dewan Pendidikan dan Ketua PGRI Kabupaten Majalengka, para pengurus Kwarcab dan Kwaran, para orang tua wali peserta Jambore Nasional dan seluruh kontingen.

                Dalam laporannya, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka Drs. H. Iman Pramudya Subagja, M.M., mengemukakan bahwa Jambore Nasional Gerakan Pramuka merupakan sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi pramuka penggalang yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, mengokohkan jiwa persatuan dan kesatuan.

                Ketua Kwarcab menjelaskan bahwa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka pada Jambore Nasional Tahun 2016 ini mengirimkan kotingen sebanyak 45 orang yang terdiri dari 5 orang petugas upacara Jambore Nasional, peserta sebanyak 2 regu pramuka penggalang putera dan 2 regu pramuka  penggalang puteri dengan masing-masing regu beranggotakan 8 orang hasil seleksi, 2 orang pendamping putera dan 2 orang pendamping puteri, serta 2 orang pimpingan kontingen cabang putera dan 2 orang pimpinan kontingen cabang puteri.

                Sementara itu Bupati Majalengka, H. Sutrisno, SE., M.Si., dalam sambutannya mengemukakan bahwa Gerakan Pramuka merupakan lembaga yang tepat untuk menyiapkan generasi muda yang tangguh, disiplin dalam menjalankan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ke depan.

                Keberadaan gerakan pramuka telah diakui dan memiliki karakter yang kuat serta selalu berupaya melakukan pembinaan, penataan, pembaharuan terutama dalam menghadapi berbagai perkembangan yang terjadi di masyarakat.

                Menurut Bupati, pelaksanaan revitalisasi gerakan pramuka di bidang peningkatan kualitas peserta didik dan dalam rangka pencapaian rencana strategik gerakan pramuka, khusus bagi pramuka penggalang perlu dilaksanakan dengan kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, riang, gembira mengandung nilai pendidikan. Salah satunya adalah melalui kegiatan Jambore yang dilaksanakan secara berjenjang dari mulai tingkat Ranting, Cabang, Daerah, dan Nasional.

                Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati mengucapkan selamat kepada kontingen dan kepada peserta mengharapkan agar dapat mengikuti semua kegiatan dengan sigap, disiplin dan menjaga nama baik Kabupaten Majalengka.