Bupati Majalengka Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional XVIII Tingkat Kabupaten Majalengka

MAJALENGKAKAB.GO.ID  Sebagai bangsa yang menghargai dan menjunjung tinggi harkat dan martabat  orang tua, saat ini pemerintah sudah memberikan apresiasi kepada warganya yang berusia lanjut dengan mengagendakan peringatan Hari Lanjut Usia secara nasional. Demikian halnya di Kabupaten Majalengka, peringatan Hari Lanjut Usia XVIII Tingkat Kabupaten Majalengka  Tahun 2016 diselenggarakan di Alun-alun Majalengka, Selasa (31/5).

           

Turut hadir pada peringatan Hari Lanjut Usia, di antaranya sesepuh dan pini sepuh Kabupaten Majalengka, Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Unsur Muspida, Dan Yon 321 Galuh Taruna, Dan Lanud Sugiri Sukani, Ketua Pengadilan Negeri, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Dinas dan Kepala Kantor, para Camat se-Kabupaten Majalengka, para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, para ketua organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, dan para undangan lainnya.

            Mengawali sambutannya, Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE., M.Si., mengungkapkan rasa bahagianya dapat berkumpul dengan sesepuh dan pini sepuh Kabupaten Majalengka seraya mengajak  untuk meningkatkan perhatian, kasih sayang dan cinta terhadap orang tua.

            Menurut Bupati, peringatan Hari Lanjut Usia di Kabupaten Majalengka diupayakan diperingati secara khusus dengan berbagai kegiatan bhakti sosial kepada para lanjut usia. Hal itu  dimaksudkan untuk melembagakan nilai-nilai sosial di dalam masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan para lanjut usia.

            Peringatan Hari Lanjut Usia tahun 2016 yang bertema bersama lansia, dari lansia untuk lansia dan sub tema lanjut usia berperan dalam peningkatan pembangunan kesejahteraan sosialmengandung makna bahwa lanjut usia dapat berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan sosial melalui penanaman nilai-nilai, norma, kearifan dan pemberdayaan dalam pembangunan bersama pemerintah untuk membangun Indonesia yang sejahtera, bahagia dan ramah terhadap lanjut usia.

            Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa secara kelembagaan, di Kabupaten Majalengka telah dibentuk Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), Komisi Daerah Lanjut Usia dan beberapa lembaga para lanjut usia lainnya yang mudah-mudahan melalui lembaga-lembaga tersebut dapat menampung aspirasi, memberdayakan serta menjadi lembaga yang memfasilitasi terpenuhinya hak-hak para lanjut usia.

            Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati mengemukakan bahwa UU No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, mengamanatkan bahwa lanjut usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta meningkatkan kesejahteraan sosial yang meliputi pelayanan keagamaan dan mental spiritual, pelayanan kesehatan, pelayanan kesempatan kerja, kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana umum, kemudahan dalam layanan dan bantuan hukum serta perlindungan dan bantuan sosial.

“Oleh karena itu saya menghimbau kepada semua elemen yang ada di Kabupaten Majalengka agar dengan penuh kearifan dapat memperhatikan dan memberikan pelayanan kepada lanjut usia,” tuturnya..