Bupati Majalengka Buka Job Fair 2016

MAJALENGKAKAB.GO.ID  Dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Majalengka ke-526 Tahun 2016, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majalengka menyelenggarakan kegiatan Bursa Kerja (Job Fair) yang bertema Melalui Job Fair Tahun 2016 Kita Turunkan Angka Pengangguran Terbuka untuk Meningkatkan IPM Kabupaten Majalengka.

Kegiatan Job Fair dilaksanakanselama tiga hari mulai tanggal 23 – 25 Mei 2016 bertempat di Gedung Islamic Center dan dibuka secara resmi oleh Bupati Majalengka, Senin (23/5).

            Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majalengka H. Ahmad Suswanto, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan Bursa Kerja adalah sebagai salah satu layanan antar kerja untuk membantu mengurangi masalah minimnya informasi pasar kerja yang diterima oleh pencari kerja dan perusahaan pemberi kerja.

            Menurut Suswanto, perusahaan yang mengikuti Bursa Kerja Tahun 2016 sebanyak 40 perusahaan  yang bergerak di bidang industri, perbankan, manufaktur, jasa keuangan, perhotelan dan penyalur Tenaga Kerja Indonesia dengan jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan mencapai lebih kurang 3.000 lowongan pekerjaan.

            Sementara itu Bupati Majalengka H, Sutrsino, SE., M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Majalengka menyadari bahwa penanganan ketenagakerjaan merupakan salah satu faktor kunci dalam upaya percepatan, peningkatan kualitas kehidupan dan daya saing daerah.

            Menurut Bupati, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Majalengka berdasarkan data BPS tahun 2015 mencapai angka 4,01% atau sebanyak 67.025 orang dari jumlah penduduk 1.180.774 jiwa.

            Masih tingginya tingkat pengangguran tersebut tidak semata-mata dikarenakan adanya ketidakseimbangan antara pencari kerja dengan lowongan kerja, tetapi juga dapat terjadi karena tidak diminatinya lowongan kerja tertentu oleh para pencari kerja atau karena kompetensi para pencari kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

            Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa peluang kerja ke depan di Kabupaten Majalengka sangat terbuka lebar seiring dengan berbagai proyek besar yang sedang dibangun di wilayah Kabupaten Majalengka, seperti pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat di Kecamatan Kertajati, pembangunan jalan Tol Cisumdawu, telah dibukanya Tol Cikopo - Palimanan, serta rencana relokasi industri-industri dari wilayah Bandung Raya ke Kabupaten Majalengka.

“Saya mengajak kepada para stakeholder dan warga masyarakat untuk bersama-sama mempersiapkan sumber daya manusia Majalengka yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan yang memadai sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga mampu mengisi peluang kerja yang terbuka luas di Kabupaten Majalengka,” tutur Bupati.

            Turut hadir pada pembukaan Job Fair Tahun 2016 tersebut di antaranya Ketua DPRD Kabupaten Majalengka, Wakil Bupati, Unsur Muspida, Dan Yon 321 Galuh Taruna, Dan Lanud S. Sukani, Ketua Pengadilann Negeri, Sekretaris Daerah, para Asisten, staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Kepala Dinas, dan Kepala Kantor, para Camat beserta para kuwu/lurah, pimpinan perusahaan, serta para undangan dan hadirin lainnya.