Bupati Majalengka Buka Pekan Olahraga Kabupaten Majalengka Ke-1

MAJALENGKAKAB.GO.ID Dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Majalengka ke-526 tahun 2016, Panitia Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Majalengka Ke-1 mengadakan upacara pembukaan yang dipusatkan di Stadion Warung Jambu Majalengka, Senin (9/5).

              

Hadir pada acara pembukaan Porkab Majalengka ke-1 di antaranya Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, unsur Muspida, para Staf Ahli Bupati, Asisten, kepala OPD, Camat se-Kabupaten Majalengka, Ketua KONI, Ketua Pengurus Cabang Olahraga, jajaran Panitia, para wasit, official/pelatih serta kontongen dari tiap kecamatan se-Kabupaten Majalengka.

                Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Porkab Majalengka Ke-1, Drs. Agus Permana, MP., mengatakan bahwa tema yang diusung Porkab Majalengka Ke-1 yakni melalui Pekan Olahraga Kabupaten Majalengka Ke-1 Kita gali potensi menuju prestasi olahraga Kabupaten Majalengka pada Porda 2018.

                Agus Permana melaporkan bahwa maksud diselenggarakannya Pekan Olahraga Kabupaten Majalengka adalah tercapainya Catur Sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses dalam pencapai prestasi, sukses administrasi serta sukses dalam pemberdayaan potensi ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Majalengka.

                Adapun tujuannya, Agus Permana menyebutkan empat tujuan yang ingin dicapai, yakni mengukur pencapaian pembinaan atlet di daerah, ajang pencarian bibit-bibit atlet yang potensial, mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik yang di masa depan akan menjadi andalan Kabupaten Majalengka, serta mempersiapkan atlet yang akan diikutsertakan pada Porda Jawa Barat Tahun 2018.

                Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi empat cabang olahraga, yakni sepak bola putera, bulu tangkis (beregu putera, ganda putera, ganda puteri, tunggal putera, dan tunggal puteri), bola voli (putera/puteri), dan tenis meja (beregu campuran, tunggal putera/puteri).

                Waktu pelaksanaannya dimulai sejak tanggal 9 – 31 Mei 2016 dan tempat pertandingan diselenggarakan terpisah, cabang olahraga sepakbola di Stadion Warung Jambu, Bulu tangkis di GOR Bulu tangkis Sawargi Cicenang, Tenis Meja di Aula Disporabudpar dan Bola Voli di Lapang Setda Kabupaten Majalengka.

                Sementara itu Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE., M.Si., dalam sambutannya menyambut gembira diselenggarakannya kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten Majalengka Ke-1 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata sebagai rangkaian kegiatan olahraga dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Majalengka Tahun 2016 yang ke-526, walaupun baru dapat menyelenggarakan 4 (empat) cabang olahraga.

                Menurut Bupati, Porkab Majalengka Ke-1 ini merupakan salah satu upaya bersama dalam meningkatkan kualitas olahraga yang ada di Kabupaten Majalengka. Semoga event ini dapat dikelola secara profesional dan berkesinambungan sehingga pada saatnya nanti dapat mengangkat prestasi atlet di masa yang akan datang dan siap menghadapi even olahraga baik di tingkat regional, wilayah, provinsi, nasional bahkan internasional.

                Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa prestasi olahraga kita pada saat ini belum dapat menjawab harapan dan tujuan yang diinginkan, walaupun untuk beberapa cabang olahraga ada yang berprestasi di tingkat regional, nasional, maupun internasional seperti cabang olahraga karate dan pencak silat.

“Ini menjadi tantangan bagi kita untuk dapat terus membenahi kualitas dan prestasi olahraga di Kabupaten Majalengka,” tutur Bupati.

                Sebelum mengakhiri sambutan dan membuka secara resmi Porkab Majalengka Ke-1, Bupati berharap dan berpesan agar bersama-sama menjadikan olahraga sebagai gaya hidup (life style) bagi seluruh masyarakat Majalengka seraya mengucapkan selamat bertanding, junjung tinggi semangat fair play.