Pemkab Majalengka Selenggarakan Pameran Inovasi Penyelenggara Negara

MAJALENGKAKAB.GO.ID Dalam rangka kegiatan Pembangunan Lumbung Inovasi Pemerintah Kabupaten Majalengka di tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Majalengka menyelenggarakan Pameran Inovasi Penyelenggara Negara (Paminagara) diikuti oleh OPD yang berjumlah 53 stand pameran menampilkan inovasi-inovasi unggulan dari masing-masing OPD, yang dilaksanakan di Graha Sindangkasih, Selasa (15/12).

Hadir pada pembukaan pameran, Wakil Bupati Majalengka yang mewakili Bupati sekaligus membuka kegiatan pameran, Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Alam beserta jajaran peneliti dan staf Lembaga Administrasi Negara, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Majalengka, Unsur Muspida, para staf ahli Bupati, Asisten, Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kab. Majalengka, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Majalengka, para Camat, para Kepala Desa, dan para undangan lainnya.
Dalam sambutan pembukaannya, Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE., M.Si., yang diwakili Wakil Bupati Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengemukakan bahwa Pemkab Majalengka bersama Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ciamis, dan Kota Yogyakarta telah dipilih untuk dijadikan pemerintah daerah yang menjadi Laboratorium Inovasi LAN RI Tahun 2015.
Menurut Bupati, tahapan Laboratorium Inovasi telah dimulai sejak bulan Februari, diawali dengan dengan tahap drump up meliputi pendekatan perubahan mind set kemauan berinovasi, tahap diagnosa menggali gagasan dan mengidentifikasi masalah, tahap desain untuk menyusun rencana aksi inovasi, tahap deliver sebagai hasil dan bukti dari aksi inovasi dan kemudian terakhir tahap display yang merupakan tahapan promosi inovasi, yang saat ini diselenggarakan.
Bupati mengungkapkan rasa syukurnya karena Pemerintah Kabupaten Majalengka pada bulan Oktober lalu telah diundang khusus oleh LAN untuk mengikuti kegiatan Temu Inovasi Administrasi Negara dan Festival Inovasi di Jakarta yang telah menampilkan 15 inovasi unggulan, serta mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten yang responsif inovasi dari pimpinan LAN RI.
Bupati menambahkan bahwa pameran saat ini menampilkan 56 aksi inovasi dari 53 OPD dengan berbagai jenis inovasi seperti inovasi metode, proses dan teknologi. “Saya berharap lebih banyak lagi inovasi yang akan muncul dari para inovator Pemerintah Kabupaten Majalengka sesuai dengan program one agency one inovation,” imbuhnya.
Lebih lanjut Bupati mengharapkan agar inovasi yang sudah digagas menjadi kunci utama untuk membuka jalan terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah. Kesinambungan dari aksi inovasi tergantung kepada kualitas aparat birokrasi dari OPD, karena tidak cukup hanya mencakup perubahan menuju best practise atau menyediakan informasi yang mudah diakses, tetapi yang lebih penting inovasi itu sendiri harus melembaga dalam pola fikir seluruh aparat birokrasi dan benar-benar dipahami.
Sebelum mengakhiri sambutannya dan membuka secara resmi kegiatan pameran, Bupati mengucapkan terima kasih kepada Tim dari LAN yang selama ini telah membimbing dalam proses laboratorium inovasi, para OPD yang telah menampilkan aksi dalam pameran saat ini serta komunitas yang peduli dengan kemajuan Kabupaten Majalengka.
Kegiatan pameran juga dimeriahkan dengan penampilan para penyanyi seperti Ferry Curtis, Hanyatera, dan Goodafternoon serta penampilan khusus komunitas Jatiwangi Art Factory yang tampil menggunakan alat musik berbahan baku tanah yang beberapa diantaranya berbentuk genting.