Bupati Buka Kegiatan TNI di Desa Pajajar

MAJALENGKAKAB.GO.ID Dalam rangka mempererat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, Pemerintah Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan TNI  melaksanakan TNI Manunggal Sindang Kasih (TMSK), TNI Bhakti Desa Mandiri (TBDM) dan TNI Bhakti Desa Sehat  (TBDS) yang diresmikan Bupati Majalengka di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka, Selasa (17/11).

               

Hadir pada kesempatan tersebut, pimpinan DPRD Kabupaten Majalengka, Wakil Bupati Majalengka, Unsur Muspida Kabupaten Majalengka, Dan Yonif 321 Galuh Taruna, Dan Lanud S. Sukani, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, para asisten, staf ahli, kepala badan, kepala dinas, kepala kantor, para Kabag di lingkungan Setda Kabupaten Majalengka,  para Camat se-Kabupaten Majalengka, khususnya Muspika Kecamatan Rajagaluh, Ketua TP PKK Kabupaten Majalengka, para Kepala Desa se-Kecamatan Rajagaluh, para pengurus BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, pengurus Ormas,  serta warga Desa Pajajar dan sekitarnya.

                Dalam sambutannya Bupati Majalengka, H. Sutrisno, SE., M.Si., mengatakan bahwa  pada tahun 2014 telah terbit Undang undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa berikut peraturan-peraturan turunannya baik melalui peraturan pemerintah maupun peraturan menteri terkait.

                Adanya UU tersebut secara esensial merupakan pengakuan dan kepercayaan pemerintah kepada desa untuk melaksanakan pembangunan secara mandiri, melalui proses perencanaan desa yang baik dan terpadu.

                Lebih lanjut Bupati mengemukakan, bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan langkah strategis  dan upaya konkrit untuk lebih meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di Kabupaten Majalengka.

                Menurut Bupati, salah satu program pemerintah Kabupaten Majalengka dalam rangka peningkatan keswadayaan masyarakat perdesaan dan kemanunggalan TNI adalah kegiatan TNI Manunggal Sindang Kasih (TMSK) dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan KODIM 0617 Majalengka, TNI Bhakti Desa Mandiri (TBDM) yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Batalyon Infanteri 321 Galuh Taruna, dan TNI Bhakti Desa Sehat (TBDS) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Lanud Sugiri Sukani.

“Ini merupakan bentuk program kemanunggalan TNI dengan rakyat yang berskala lokal, yang hanya ada di Kabupaten Majalengka, sebagai wujud perhatian pemerintah Kabupaten Majalengka dalam upaya percepatan peningkatan infrastruktur perdesaan,” tutur Bupati.

                Bupati menambahkan bahwa kegiatan TMSK, TBDM, dan TBDS tahun 2015 tidak hanya dilaksanakan di Desa Pajajar saja melainkan di desa/kecamatan lain juga dengan sasaran pembangunan yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan daerah masing-masing.

                Sebelum membuka secara resmi, Bupati mengingatkan beberapa hal kepada seluruh warga masyarakat,  di antaranya agar dapat  memanfaatkan moment tersebut untuk menjalin silaturahmi, mengembangkan semangat kebersamaan, dan memanfaatkan serta memelihara hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan agar manfaatnya dapat dirasakan lebih lama.