Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 Tingkat Kabupaten Majalengka Berlangsung Khidmat

MAJALENGKAKAB.GO.ID Pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Kabupaten Majalengka berlangsung dengan khidmat di Alun-alun Kabupaten Majalengka, Rabu (28/10).

Upacara diikuti oleh pasukan dari TNI, Lanud S. Sukani, Kepolisian, Korpri, beberapa ormas kepemudaan, mahasiswa dan pelajar yang ada di kota Majalengka. Hadir pula Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Majalengka, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Pengadilan Negeri, Staf Ahli Bupati, seluruh Asisten, para Camat dan para pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Majalengka serta para Ketua organisasi Wanita, Kemasyarakatan, profesi, pemuda, dan tokoh masyarakat Kabupaten Majalengka.
Dalam sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka Drs. H. Ade Rachmat Ali, M.Si., mengemukakan perlunya kita berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada para tokoh pemuda pada tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda nusantara untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.
Menurut Menpora, peringatan sumpah pemuda yang ke-87 kali ini mengambil tema “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu untuk Bumi”. Tema tersebut didasari atas keprihatinan yang mendalam terhadap dua hal. Pertama, kita disuguhi fenomena baru tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan kita akibat modernisasi dan kemajuan Iptek. Dan kedua, adalah terkait fenomena pengelolaan sumber daya alam kita belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan.
Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 membuat kita bangga, bahwa pemuda Indonesia telah mengawali sebuah perubahan besar untuk negeri kita. Tekad dan keberanian pemuda telah menginspirasi dan menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dideklarasikan.
Mengakhiri sambutannya Menpora mengucapkan selamat hari Sumpah Pemuda ke-87, melalui revolusi mental pemuda kita berharap lahir generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negaranya. Rela berkorban menanggalkan ego sukunya, ego agamanya, ego kedaerahannya, ego kelompoknya dan ego pribadinya demi kepentingan yang lebih besar yaitu Indonesia.