0123456

Ikhlas Itu Mudah

Assalamu'alaikum Wr. WB
Sahabat semua,
Nampaknya judul diatas sangat bertentangan dengan kenyataan bahwa ikhlas itu gak gampang, gak semudah yang dikira. tapi saya ingin mengatakan bahwa semakin kita menanamkan rasa susah maka kita akan semakin sukar untuk ikhlas.


Pada dasarnya kita bisa merubah paradigma tersebut dengan menumbuhkan kesadaran diri akan tujuan hidup kita.

Semenjak di Alam Ruh Fitrah manusia telah di tanamkan Allah SWT bahkan diikrarkan untuk mengakui tiada Tuhan Selain Allah, itu artinya Ruh telah diberi kemampuan untuk mengenal siapa Tuhannya, untuk apa hidup dan akan kembali kepada Siapa? dan itu adalah inti dari pada ikhlas.

Ikhlas telah ada dan terpatri dalam diri kita, kita hanya perlu memunculkan kepermukaan dan jangan biarkan terpendam di lubuk hati yang paling dalam, jangan biarkan ia menjadi sentilan sentilan hati yang tidak dominan, namun jadikanlah ruh dalam setiap perbuatan kita.

Seringkali kita dihadapkan pada kondisi ingin di puji, ingin terdengar, pamrih, ingin dibanggakan, ingin diketahui orang lain.

Coba rasakan pasti ada perasaan gak enak dan tidak jarang kita menuai kecewa! Why? karena perasaan itu bertolak belakang dengan rasa fitrah.

Ketika perasaan itu muncul tegurlah diri kita, ingatlah bahwa rasa semacam itu hanya akan bermanfaat sesaat di dunia dan semu, tak ubahnya suara ember jatuh "Brak" kemudian menghilang tak bersisa.

Mari belajar membuat rasa ingin di puji rasa riya dll tersebut menjadi rasa yang lebih dahsyat, sebuah rasa yang akan memupus kekecewaan karena Allah tidak akan pernah mengecewakan kepada manusia yang berbuat semata-mata karena Allah.

Allah akan menolong kita, ketika rasa negatif itu begitu kuat mempengaruhi kita dan kita merasa tidak berdaya, detik itu juga mohonlah pertolongan Allah dan segera tinggalkan rasa itu, berpalinglah maka Allah akan ganti dengan rasa bahagia terlepas dari jeratan rasa yang sangat tidka bermanfaat tersebut.

Kalau kita sudha terbiasa berani berpaling dari rasa negatif maka rasa ikhlas akan lebih dominan dan muncul kepermukaan dan tidak lagi menjadi sentilan-sentilan kecil di lubuk hati.

selanjutnya Allah akan menumbuhkan sebuah paradigma baru bahwa Ikhlas ini lebih menyenangkan dan enak di hati bikin hati adem, tentram, optimis, bahagia pokoknya indah dech.

Tegurlah diri kita untuk tidak menjadi manusia yang bodoh! karena hanya manusia yang bodoh yang gak mau hatinya tentram, adem, bahagia.

Jadi kalo rasa negatif seperti riya ini datang ucapkanlah istigfar, segera berlindung kepada Allah dari godaan Syetan yang terkutuk dan tanamkan bahwa kita tidak akan dan tidak pernah mau menjadi manusia bodoh!

Sahabat, Gali terus potensi Ikhlas, dan jiwa kita akan di bentuk dengan matang seiring berjalannya waktu dan satu saat nanti pasti kita akan menemukan satu kesadaran bahwa langkah kita untuk ikhlas adalah sebuah kebutuhan pokok manusia.

Mulailah tegur dan pertanyakan semua rasa yang muncul, lalu ingatlah Allah, ingatlah tujuan hidup kita, dan mohon pertolongan-Nya.

Allah pasti senang dan pasti akan memudahkan kita dalam menerapkan ikhlas dalam segala gerak dan langkah kita

Jadi jangan katakan "ikhlas itu susah", mohon pertolongan Allah "pasti di mudahkan"

Mudah mudahan bermanfaat


Salam Sukses Penuh Cinta


Kang Erry

 

Pimpinan Daerah

TMC

Sedang Online

Kami memiliki 30 tamu dan tidak ada anggota online

Jadwal Sholat

Statistik Majalengka